Kadar Lemak Berlebihan Sebabkan Obesitas, Ini Lima Langkah Cara Pencegahannya

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Obesitas adalah kondisi di mana tubuh seseorang memiliki kadar lemak yang berlebihan. Kondisi tersebut tentu saja dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Pada momen peringatan Hari Obesitas Sedunia 2023 dengan tema nasional. Kenali, cegah dan Atasi Obesitas untuk Hidup Lebih Sehat dan Produktif.

“Diharapkan kita semua bisa mulai memberikan perhatian terhadap para penyandang obesitas. Karena hanya dengan demikian, kita dapat melakan pencegahan dan penanganan sedini mungkin kepada penderita obesitas agar terhindar dari Penyakit Tidak Menular (PTM) lainnya yang lebih berbahaya bagi kesehatan,” kata Kepala Dinkes Lampung Barat dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B.

Cara Mencegah Obesitas, lanjut Wawan Sapaan Akrabnya, Mencegah obesitas adalah penting untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup yang baik. Untuk itu, mari cegah obesitas dengan 5 langkah berikut ini, diantaranya adalah:

1. Mengatur pola makan
Langkah utama untuk mencegah obesitas adalah dengan mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang bergizi dsan sesuai dengan pedoman Isi Piringku.
2. Kurangi Konsumsi Gula, Garam, Lemak.
Mengkonsumsi gula, garam, dan lemak yang berlebihan, akan mudah menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi sehari atau yang setara dengan setara dengan 450 gram/hari

3. Aktivitas fisik teratur
Melakukan aktivitas fisik rutin minimal 30 menit sehari dapat membantu kita untuk hidup lebih sehat dan bebas dari obesitas.

4. Berhenti mengkonsumsi alkohol dan rokok.
Menghentikan perilaku tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol juga merupakan faktor penting dalam penurunan berat badan.

5. Berkonsultasi dengan dokter.
Jika IMT seseorang melebihi 27, disarankan untuk bisa melakukan konsultasi di fasilitas kesehatan terdekat untuk meminta bantuan dalam melakukan program diet yang sesuai dan mengidentifikasi berbagai kemungkinan penyakit yang muncul akibat obesitas.

Mencegah obesitas membutuhkan upaya dan komitmen yang konsisten. Dengan olahraga teratur, diet sehat, dan gaya hidup yang seimbang, kita dapat mencegah obesitas dan menjaga kesehatan dengan baik.

“Tetap kita terapkan perilaku hidup sehat dan terus berikan motivasi kepada teman atau kerabat terdekat yang sedang melakukan diet, untuk bisa mencapai berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat,” kata dia. (Adv)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Pasca Libur Idul Fitri ASN Dilingkup Pemkab Lampung Barat Disidak Penjabat Bupati

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pasca libur idul fitri 1445 Hijriah 2024, Aperatur Sipil Negera (ASN) di komplek Kabupaten Lampung Barat disidak, Selasa 16 April...

Parosil Mabsus Daftarkan Diri Sebagai Balon Bupati, Dimarkas PDI Perjuangan Lambar

  PusaranNews.id, Lampung Barat - Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung Barat Bukak Penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati - Wakil Bupati untuk...

Khatib Shalat Idul Fitri, Ust Muhahamd Ridho : Pantaskah di Hari Yang Fitri Kita Merayakan Kemenangan?

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Sekitar 300an Jemaah Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445H memenuhi Masjid Al Iman Lingkungan Sukamenanti ,Kelurahan Pasar Liwa , Kecamatan Balik...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts