Antisipasi Kebutuhan Transfusi Darah , PMI Lampung Barat Cek Golongan Darah Pelajar SMAN 1 Sumber Jaya

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Lia Ayu Azhari (17th) dan Nadia Putri (17th) dua pelajar SMAN 1 Kecamatan Sumber Jaya mengungkapkan semangatnya ikuti kegiatan Pemeriksaan Golongan Darah Gratis yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat hari ini Selasa 6 Februari 2024 bertempat di Aula SMAN 1 Sumber Jaya tersebut.

Nadia Putri mengatakan bahwa kini dirinya sudah mengetahui golongan darahnya.

“Senang lah pak , sekarang dah tahu nih golongan darah Nadia, ya jika ada keluarga atau teman yang membutuhkan darah, kan kita tidak perlu repot lagi mengecek golongan darah ,” katanya.

Senada diungkapkan Ayu. Iya pak senang nih kita , kan kalau kita ada mau menolong mungkin ada teman ada saudara yang mengalami kecelakaan atau saat membutuhkan tranfusi darah , jadi lebih cepat kita bantunya,” kata Ayu Siswi SMAN 1 Sumber Jaya tersebut.

Lia Ayu Azhari dan Nadia Putri tercatat bersama 269 pelajar lainnya hari itu ikuti kegiatan pemeriksaan golongan darah yang di selenggarakan PMI Lampung Barat.

Iksan salah satu anggota Korps Sukarelawan (KSR) PMI yang bertugas di kegiatan tersebut mengatakan bahwa tercatat ada 271 peserta ikuti kegiatan tersebut.

“Hasil pemeriksaan golongan darah hari ini , Untuk golongan darah A ada sebanyak 95 Siswa , B ada 81 siswa , O tercatat 76 siswa dan golongan darah AB ada 19 orang , Total 271 peserta,” jelas Iksan.

Lebih lanjut Iksan mengatakan bahwa kegiatan hari itu pihaknya di bantu oleh tenaga kesehatan sebanyak 4 orang dari PMI Kecamatan ada 3 orang , KSR 3 orang dan alhamdulillah dari Siaga Bencana berbasis Desa (Sibad ) ada 1 orang.

Sementara itu Edi Novial S.Kom Ketua PMI Kabupaten Lampung Barat saat hadir di pembukaan acara tersebut mengungkapkan pentingnya para pelajar mengetahui golongan darahnya.

“Melalui kegiatan ini, ada beberapa manfaatnya hasil pemeriksaan golongan darah yang kita ketahui seperti
mempercepat proses menyumbang dan menerima tranfusi darah,” jelas Edi Novial.

PMI Lampung Barat juga mengetahui bahwa terkadang ketersediaan stok darah di Rumah Sakit Alimuddin Umar Liwa masih selalu kurang, sementara permintaan kebutuhan darah harus segera di layani, kekurangan selama ini ditutupi oleh donor pengganti dari keluarga dan kerabat pasien, jadi inilah pentingnya mereka para pelajar yang hari ini cek golongan darahnya.

“Kita ada bank darah berjalan, data base nya dah ada, jadi kelak mereka inilah yang akan menjadi partisipasi donor darah sukarela,” pungkasnya. (**)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Pasca Libur Idul Fitri ASN Dilingkup Pemkab Lampung Barat Disidak Penjabat Bupati

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pasca libur idul fitri 1445 Hijriah 2024, Aperatur Sipil Negera (ASN) di komplek Kabupaten Lampung Barat disidak, Selasa 16 April...

Parosil Mabsus Daftarkan Diri Sebagai Balon Bupati, Dimarkas PDI Perjuangan Lambar

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung Barat Bukak Penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati - Wakil Bupati untuk...

Khatib Shalat Idul Fitri, Ust Muhahamd Ridho : Pantaskah di Hari Yang Fitri Kita Merayakan Kemenangan?

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Sekitar 300an Jemaah Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445H memenuhi Masjid Al Iman Lingkungan Sukamenanti ,Kelurahan Pasar Liwa , Kecamatan Balik...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts