Jumat, Juli 19, 2024
Beranda Lampung Barat Hari Ini Sekolah Lansia Salimah Lampung Barat Di Wisuda

Hari Ini Sekolah Lansia Salimah Lampung Barat Di Wisuda

PusaranNews.id, Lampung Barat –┬áSekolah Lansia Salimah atau yang disingkat Salsa merupakan salah satu Program Unggulan dari Ormas Salimah. Salimah adalah organisasi pelopor dalam memberikan pelayanan kepada perempuan, anak dan keluarga Indonesia. Hari ini Salimah di wisuda di Balai Pekon Sebarus, Kamis 22 Desember 2022.

“Kami mengapresiasi yang luar biasa kepada seluruh anggota Sekolah Lansia Salimah Lampung Barat, atau Salsa yang diinisasi di kabupaten Bantul Yogyakarta, kondisi para lansia yang ditinggalkan oleh anaknya yang bekerja diluar negeri, dan harus menjaga cucunya, kini dengan hadirnya Salimah yang memfasilitasi para lansia tetap bahagia menjalani hari hari nya, Inilah kemudian yang menjadi awal terbentuknya salsa ini,” kata
Ketua Pimpinan Wilayah Salimah Lampung Ibu Rita Apriliyawati, S.Pd.

Lanjut dia, Salimah merupakan pelopor dalam pelayanan pada lansia. Untuk itu diharapkan kegiatan ini dilanjutkan dan dilakukan juga di kecamatan lainnya.

Senada disampaikan Jaimin Kadis Sosial Lampung Barat. Salsa ini memberikan sebuah ruang positif bagi lansia, sebagai ajang silaturahim dengan sesama lansia, saran kami kepada fasilitator, agar memberikan ruang spiritualitas dalam program program kedepan, tidak hanya dalam sisi kesehatan saja.

“Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mendukung kegiatan ini, dan akan kami sampaikan ke tingkat pimpinan untuk kemudian dilakukan kegiatan serupa di wilayah kecamatan lainnya,” kata dia.

Di kabupaten Lampung Barat ada program perlindungan lansia, yakni bantuan sembako untuk lansia, namun karena terbatasnya anggaran program tersebut diprioritaskan untuk lansia yang memiliki kesulitan secara ekonomi.

Sementara itu Melky Dafariza Peratin Pekon Sebarus dalam sambutannya mengatakan bahwa layanan lansia menjadi prioritas pembangunan pekon sebarus. Untuk itu selaku Peratin dia mengucapkan Terima kasih kepada Salimah yang sudah memberikan perhatian kepada warga lansia di pekon tersebut .

“Tahun anggaran 2023 akan dianggarkan program posyandu lansia di APBP Pekon Sebarus,” ujar Melky.

Untuk diketahui , Sekolah Lansia Salimah Lampung Barat telah diawali pada Bulan November 2021 dan efektif dilaksanakan rutin sejak awal tahun 2022 dengan berbagai dinamika yang dihadapi sehubungan dengan kondisi Pandemi Covid 19.

“Jumlah peserta yang terdaftar di Sekolah Lansia Salimah sebanyak 67 orang, namun yang berkesempatan hadir dan mengikuti Wisuda kali ini sebanyak 49 orang. Kriteria peserta wisuda adalah mereka yang selama satu tahun terakhir telah aktif mengikuti proses pembelajaran dikelas SALSA,” demikian jelas Nurliana Kepala Sekolah Lansia itu.

Sekolah Lansia Salimah Lampung Barat digagas dan dilaksanakan bersama dengan TP PKK Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit, dan UPT Puskesmas Liwa, dimana kegiatan kelas SALSA dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Sekolah Lansia Salimah atau yang disingkat Salsa merupakan salah satu Program Unggulan dari Ormas Salimah, yakni sebuah program yang bertujuan untuk memfasilitasi para lansia mendapatkan pelayanan kesehatan, pelayanan sosial, hingga kemandirian secara pribadi.

Sebagaimana ketahui bahwa usia lanjut adalah usia dimana terjadi penurunan kualitas hidup seseorang baik dari sisi kekuatan fisik atau motorik, penurunan kualitas kesehatan hingga penurunan kualitas psikologis.

Pada masa usia ini, seorang lansia membutuhkan lingkungan yang mendukung dalam menghadapi kondisi-kondisi diatas. Salimah menggulirkan sebuah program yang bertajuk Sekolah Lansia Salimah (SALSA). Adapun tujuan Pelaksanaan Sekolah Lansia Salimah antara lain Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para lansia untuk berprilaku sehat dan selamat, agar dapat menjalani masa lansia yang berkualitas, Mengenal penyakit-penyakit yang sering terjadi pada lansia, gejala dan tindakan awal yang perlu dilakukan, serta meningkatkan kemandirian dalam aspek kesehatan fisik, psikologis, sosial dan spiritual. (PN)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments