6 Strategi Gaya Hidup Untuk Menghindari Kanker

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Perayaan Hari Kanker Sedunia yang diselenggarakan pada 04 Februari 2023 yang lalu, menjadi momen pengingat bagi semua pihak bahwa kanker masih menjadi salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang paling berkontribusi dalam menyumbang angka kematian masyarakat Indonesia.

Saat ini diketahui bahwa kasus kanker baru di Indonesia berdasarkan data Globocan 2020 sebanyak 396.914 kasus baru yang didominasi oleh kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker kolorektal, dan kanker lever. Dengan demikian, penting untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat untuk meminimalisir potensi terserang penyakit kanker.

Kadis Kesehatan Lampung Barat dr. Widiyatmoko Kurniawan mengatakan, ada beberapa langkah untuk mencegah kanker yakni, Menjaga berat badan agar tetap sehat dan ideal, Aktif melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, agar tubuh tetap bugar, Lakukan pemeriksaan berkala ke fasilitas kesehatan terdekat, Kurangi konsumsi sodium/garam, Kurangi konsumsi makanan/minuman manis, Hindari makanan yang diasap atau dibakar.

“Kanker menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengancam nyawa penderitanya. Namun demikian, dengan mengetahui beberapa tips mencegah kanker, dapat menurunkan potensi risiko masyarakat dari penyakit kanker,” kata dia.

Lanjut Wawan sapaan akrab Widiyatmoko Kurniawan, Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat ketika mengalami gejala penyakit kanker untuk mendapatkan penanganan segera dari petugas kesehatan.

“Kita juga harus memperhatikan dan cara mengenal gejala kanker pada anak sejak dini, karena Kanker pada anak merupakan mimpi buruk yang sangat mempengaruhi kehidupan anak dan keluarga. Meskipun gejalanya mungkin tidak terlalu jelas pada awalnya, namun penting bagi para orangtua untuk peka dan menerapkan sikap waspada terhadap setiap gejala penyakit yang muncul pada buah hati,” jelasnya.

Masih kata dia, Gejala kanker pada anak dapat bervariasi tergantung pada jenis kanker yang diderita dan di mana kanker tersebut menyebar. Namun, secara umum, terdapat beberapa gejala umum yang dapat muncul pada anak yang mengalami kanker.

Berikut Gelaja Kangker Pada Anak:

1. Pucat, memar, atau pendarahan dan nyeri pada tulang.
2. Munculnya benjolan atau pembengkakan yang tidak terasa nyeri dan tanpa demam atau adanya tanda infeksi yang lain.
3. Terjadi penurunan berat badan pada anak
4. Demam tanpa sebab yang jelas
5. Batuk yang menetap atau sesak napas dan berkeringat di malam hari.
6. Adanya perubahan yang terjadi pada mata, seperti terlihat manik putih atau juling
7. Hilangnya penglihatan dan memar atau bengkak pada sekitar mata
8. Perut membuncit
9. Sakit kepala yang menetap atau berat.

“Dengan mengetahui beberapa gejala kanker pada anak, diharapkan bisa menjadi peringatan kepada para orangtua untuk lebih memperhatikan kesehatan pada buah hati.
Jika ayah dan bunda mencurigai sang buah hati menderita kanker, maka segera lakukan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat,” harap dia.

Tindakan deteksi dini kata wawan, kanker merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar penanganan kanker pada anak bisa dilakukan sedini mungkin.
Meskipun kanker pada anak dapat sangat mengganggu, namun ada harapan untuk kesembuhan.

“Tingkat kesembuhan kanker pada anak terus meningkat, terutama jika kanker dideteksi pada tahap awal dan diobati dengan tepat.
Selain itu, tidak lupa untuk terus memberikan dukungan untuk keluarga dan anak-anak yang terkena kanker, sehingga dapat membantu mengurangi stres dan memberikan dukungan emosional,” ungkapnya. (ADV)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Kurban Berkah BAZNAS (KBB) Lampung Barat Distribusikan 510 Paket Daging Kurban

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Hari Raya Idul Adha tahun ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyelenggarakan Program Kurban Berkah BAZNAS...

Lomba Dai-Daiah Tingkat Nasional Siswi MAN 1 Lampung Barat Raih Jura I

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Satu lagi prestasi Nasional di raih oleh Pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Barat (Lambar) yaitu Siswi kelas X.4...

Kader NU Ranting Sukarame Balik Bukit Potong Qurban 51 Kambing dan Dua Sapi

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Saat ini tercatat di Sistem Informasi Kaderisasi Nahdlatul Ulama (Siskader NU) ada sebanyak 98 Kader NU yang telah ikuti Pendidikan Dasar...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan

Latest Posts