Sabtu, Juli 27, 2024
Beranda PESISIR BARAT Tim PKK Provinsi Lampung Kunker Terkait Stunting di Pesisir Barat

Tim PKK Provinsi Lampung Kunker Terkait Stunting di Pesisir Barat

PusaranNews.id, Pesisir Barat – Tim PKK Provinsi Lampung, Kunjungan Kerja (Kunker) dalam program Model Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022 yang bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 82 Krui Pekon Way Sindi Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Rabu/16/2022)

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H., Mengatakan di ketahui bersama, persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan Nasional dan Kabupaten Pesisir Barat menjadi salah satu Kabupaten Prioritas, dari 514 Kabupaten/kota di Indonesia.

“Stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal,” kata dia.

Lanjut Zulqoini, Dalam rangka pelaksanaan strategi tersebut, maka pada hari ini Ketua PKK mengadakan kunjungan kerja, salah satunya untuk meningkatkan kemitraan dalam pelayanan 1000 hari pertama kehidupan, menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan berprestasi.

“Rembuk stunting pada hari ini, saya berharap dapat meningkatkan komitmen bersama, dalam penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Pesisir Barat yang kita cintai ini,” ungkap dia.

Masih kata dia, meminta kepada seluruh Perangkat Daerah bersama Stakeholder terkait untuk melakukan inovasi-inovasi dalam kondisi pasca pandemi covid-19, agar upaya pemenuhan gizi masyarakat, utamanya bagi mereka yang rentan seperti ibu hamil dan anak balita, bisa tetap terpenuhi, dengan tetap menerapkan kearifan lokal di masing-masing Wilayah.

“Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh komponen masyarakat, perangkat Pemerintah Daerah, dan segenap elemen pemangku kepentingan, atas kerja sama dan dukungannya, dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting selama ini,” jals dia.

Sementara Ketua TP-PKK Provinsi Lampung yang diwakili oleh Ketua Bidang III TP-PKK Provinsi Lampung Ny. Erna Suud Hanan, mengatakan Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati Pesisir Barat beserta jajarannya, Ketua Tim Penggerak PKK Pesisir Barat beserta jajaran yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pada hari ini.

“Sejalan dengan arahan Pemerintah Pusat dan agenda kerja Pemerintah Provinsi Lampung, maka pada Tahun ini TP-PKK Provinsi Lampung sebagai mitra Pemerintah, memprioritaskan 3 isu utama yaitu “Pemberdayaan Perempuan, Pemenuhan Hak Anak dan Pencegahan Stunting”, yang sekaligus menjadi Tema kunjungan kerja pada hari ini,” kata dia.

Kenapa permasalahan stunting atau kerdil ini menjadi sangat penting lanjut Erna, karena stunting akan berakibat pada menurunnya kualitas sumber daya manusia. Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

“Diharapkan Pekon Way Sindi ini akan dapat menjadi tempat belajar sekaligus memotivasi Desa atau kelurahan lain, yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, dalam pemberdayaan perempuan, pemenuhan hak anak dan percepatan penurunan angka stunting di Provinsi Lampung,” tutup dia. (Try)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments