Sabtu, Juli 27, 2024
Beranda ADVERTORIAL Pekan Depan KPU Lambar, Laksanakan Tahapan Pendaftaran Peserta Pemilu

Pekan Depan KPU Lambar, Laksanakan Tahapan Pendaftaran Peserta Pemilu

PusaranNews.id, Lampung Barat – Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umun (KPU) Lampung Barat, terus mempersipkan sejumlah tahapan-tahapan pemilu yang akan digelar 2024 mendatang.

Ketua KPU Lampung Barat Aripsyah mengatakan, jika saat ini untuk tahapan inti masih menunggu instruksi KPU pusat, hanya saja memang sudah ada beberapa tahapan dan persiapan dilaksankan.

“Dari tanggal 29 Juli sampai 13 Desember 2020 mendatang KPU Lambar akan melaksanakan pendaftaran dan Verifikasi peserta pemilu. Dilanjutkan pada 14 Desember 2020 penetapan peserta pemilu itu sendiri dilaksanakan,” kata dia.

Lanjut Arif, untuj pendaftarannya nanti terpisah dan itu kewenangan pihak KPU RI, dan verifikasinya sendiri masih menunggu petunjuk teknis dari pusat, karena mereka yang menentikan.

“Kaitan verifikasi merujuk pada Mahkamah Konstitusi (MK), No.55/PUU-VIII/2020. Dimana Bagi partai politik yang lolos parlemen tritrisol ambang batas minimal empat persen atau yang memiliki keterwakilan di DPRD RI dan hannya dilakukan verifikasi administrasi, sementara bagai parpol yang tidak lolos trisol dilakukan verifikasi administrasi dan aktual,” jelas dia.

Masih kata dia, Begitu juga parpol baru yg ditetapkan sebagai peserta Pemilu juga dilakukan verifikasi administrasi dan faktual.

“Sejauh ini kami juga masih menunggu petunjuk tehnis, dari pusat KPU RI apa saja langkah-langkah selanjutnya yang akan dilakukan dan menjadi tanggung jawab KPU Kabupaten,” kata dia. (Samson)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments