LBM Nahdhatul Ulama Lampung Barat Sahkan Politik Uang Pada Pemilu Adalah Haram

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Menyikapi praktek politik uang (money politic) pada Pemilihan Umum (Pemilu), Forum Lembaga Bahtsul Masa’il (LBMNU) Lampung Barat yang dilaksanakan pada akhir tahun 2023 lalu, sahkan hukumnya adalah Haram.

“Menurut pandangan fiqih praktek tersebut (baik dilakukan oleh pelaku politik secara langsung atau tidak langsung) termasuk risywah (suap), pemberian semacam yang di sebutkan dalam deskripsi tersebut hukumnya haram,” jelas Ketua LBMNU Lambar Ust M. Muharir Nizar Ali.

Lanjut dia, Pemilu yang menjadi agenda lima tahunan di negeri ini tentu banyak menghasilkan hal-hal yang bersifat positif/negatif.

“Kita ketahui tujuan dasar pemilu itu sendiri adalah melaksanakan kedaulatan rakyat, dalam arti rakyatlah yang menetukan siapa pemimpin/wakil rakyat yang akan memimpin negri ini , tapi pada proses penentuan siapa yang akan mewakili atau memimpin terjadi hal yang bertentangan dengan asas-asas demokrasi, misalnya politik uang yang memang menjadi hal yang sangat sulit di hentikan,” jelasnya.

Secara Fiqih terang Ali, praktek politik uang (money politic) tersebut hukumnya haram, Status uang tersebut adalah haram, jadi Uang tersebut harus di kembalikan kepada penyuap atau ditasharrufkan
(diserahkan) untuk kemaslahatan umat islam.

Selain membahas dilematika jelang pemilu dengan praktek politik uang, masalah lain yang dibahas pada forum LBMNU yang berlangsung di Pekon Bandar Agung, Kecamatan Bandar Negeri Suoh tersebut adalah tentang Masalah dalam kehidupan berumah tangga yaitu Sumpah Tidak Akan Rujuk.

“Dalam Pandangan Fiqih kata-kata seorang Suami yang pernah bersumpah tidak akan rujuk, kepada pasangannya ketika ada timbul masalah diantara mereka berdua, kata-kata pasangan pria itu termasuk kategori nadzar lajaj yang mubah, Konsekwensinya terjadi khilaf di antara ulama.

“Menurut pendapat rajih (yang kuat) tidak wajib membayar kafarot yamin (kafarat sumpah dilakukan ketika seseorang melanggar sumpah) dan Status hubungan ke-2 mereka sah bila akadnya di niatkan rujuk, karena cara tersebut termasuk rujuk kinayah, dan pasangan pria (suami) tidak berkewajiban memberikan mas kawin,” tambahnya.

Masalah waqi’iyyah (aktual) itu yang menjadi pembahasan di Forum LBM ini, alhamdulillah forum ini dihadiri oleh utusan-utusan peserta dari Majelis Wakil Cabang (MWCNU) se-Lampung Barat, untuk Perumus adalah Kiai. M. Yusuf, Kiai Sabul Mubarok, Kiai M. Barok dan Kiai Muharir Nizar Ali.

Hasil-nya di sahkan oleh Tim Mushosih yaitu KH. Muslihudin, KH Nasiruddin Alwi dan KH Nur Hadi, untuk moderator Gus M. Rifai Yusuf Havibi dan Notulen Ust Sudi Hartono, kemudian insya Allah forum ini akan bersama lagi pada sekitar Akhir Juni 2024, beberapa MWC sudah ajukan diri sebagai tuan rumah baik itu Way Tenong, Balik Bukit dan Sumberjaya.

LBM merupakan lembaga atau forum yang memberikan fatwa hukum keagamaan kepada umat Islam. Seperti yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU, dalam butir F pasal 16 menyatakan bahwa tugas Bahtsul Masail adalah menghimpun, membahas, dan memecahkan masalah-masalah yang mauquf dan waqiiyah yang harus segera mendapatkan kepastian hukum.

Bahtsul masail di kalangan NU diyakini merupakan tradisi intelektual yang berkembang sejak lama, Secara individual mereka bertindak sebagai penafsir hukum bagi muslimin di sekelilingnya. (**)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

19 KPM Pekon Serungkuk Terima BLT DD, Peratin: Gunakan Bantuan Dengan Bijak

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Aparatur pemerintahan Pekon Serungkuk (Desa) Kecamatan Belalau, Lampung Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I, bulan Januari, februari,...

SMAN 1 Liwa, Gelar Pelepasan Siswa, Nukman : Kedepan Masuk Jajaran Sekolah Terbaik Nasional

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Penjabat Bupati Lampung Barat, Nukman, MS, MM, memberikan apresiasi kepada SMA Negeri I Liwa, yang termasuk salah satu sekolah unggulan di...

Pekon Campang Tiga Wakili EPP Batu ketulis Tahun 2024

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pekon Campang tiga Kecamatan Batu ketulis mewakili sepuluh Pekon yang ada di Kecamatan setempat untuk Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP),Senin 22...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts