Meluapnya Way Lakak di Pemangku Way Semangka Belalau, Rusak Sawah dan Hanyutkan Bibit Ikan

 

PusaranNews.id, Lampung Barat –  Hujan deras terjadi di Kecamatan Belalau, Selasa 2 Januari kemarin, membuat sejumlah sawah warga Pemangku dua (2) Way Semangka Pekon Bedudu rusak parah. Bukan hanya itu sawah yang menjadi tempat usaha pembibitan ikan juga habis tersapu air sungai (Lakak) yang meluap.

Peratin Pekon Bedudu Alex Metiyas Membenarkan jika terjadi luapan sungai di Pemangku dua Way Semangka, Hujan Dari sore sampai malem hari tak kunjung henti mengakibatkan Sungai lakak meluap dan Menggenangi sawah penduduk.

“Meluapnya sungai kemarin malam mengakibat sawah rusak dan terhanyutnya bibit ikan milik warga yakni, Juharsa, Suharto, Samsul dan Catur A Putra, tapsiran kerugian mencapai belasan juta rupiah,” kata dia.

Sementara salah seorang korban yang terkena dampak banjir Catur mengaku, bahwa sawahnya yang terisi ikan juga tekena luapan air yang meninggi akibat hujan deras kemarin hingga malam.

“Ada empat (4) Kepala Keluarga (KK) yang terkena banjir kemarin, air membawa pembibitan ikan yang sedang di persiapkan untuk pembesaran, yang rencanya akan di panen menjelang Romadhon nanti,” ungkapnya.

Lanjut Catur, selain bibit ikan juga berdampak pada pemelang sawah, dimana terjangan air sungai menjebol tanggul hingga rusak beberapa meter, jika tidak cepat diperbaiki maka sawah tidak bisa lagi menampung air untuk di tanami padi atau dilepas bibit ikan.

“Sawah kami juga ikut rusak, terpaksa harus melakukan perbaikan tanggul yang jebol, tapsiran kami kerugian mencapai Rp15 jutaan, mudah-mudahan pemkab dalam hal ini Dinas Pertanian bisa memberikan solusi terkait seringnya air sungai Lakak di sepanjang sawah kami ini meluap dan merusak persawahan,” harapnya. (Samson)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

19 KPM Pekon Serungkuk Terima BLT DD, Peratin: Gunakan Bantuan Dengan Bijak

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Aparatur pemerintahan Pekon Serungkuk (Desa) Kecamatan Belalau, Lampung Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I, bulan Januari, februari,...

SMAN 1 Liwa, Gelar Pelepasan Siswa, Nukman : Kedepan Masuk Jajaran Sekolah Terbaik Nasional

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Penjabat Bupati Lampung Barat, Nukman, MS, MM, memberikan apresiasi kepada SMA Negeri I Liwa, yang termasuk salah satu sekolah unggulan di...

Pekon Campang Tiga Wakili EPP Batu ketulis Tahun 2024

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pekon Campang tiga Kecamatan Batu ketulis mewakili sepuluh Pekon yang ada di Kecamatan setempat untuk Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP),Senin 22...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts