Disdukcapil Lampung Barat Uji Coba Identitas Kependudukan Digital

PusaranNews.id, Lampung Barat – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Lampung Barat melaksanakan uji coba Identitas Kependudukan Digital sejak (01/06/2022), lalu sampai saat ini terus berjalan.

Identitas kependudukan digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data dalam aplikasi digital, yang mana Uji coba ini baru dilaksanakan dijajaran Dinas Dukcapil Kabupaten dan Kecamatan.

Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Burwati mendampingi Kepala Disdukcapil Ruspan Anwar mengatakan, baru diuji cobakan kepada para ASN, ADB dan Operator Disdukcapil yang selanjutnya akan dilanjutkan kepada semua Aparatur Sipil Negara kampus-kampus, hingga kemasyarakat luas.

“Nantinya, semua warga masyarakat memiliki keterangan Digital ID, seperti KTP, KK, NPWP, kartu-kartu identitas lainnya, juga dokumen kepegawaian. Dengan adanya Digital ID ini, masyarakat tidak perlu lagi membawa KTP dalam bentuk kartu kemana-mana, cukup dengan membawa handphone saja dan KTP sudah bisa diperlihatkan secara digital,” kata dia.

Lanjut Burwati, ini Juga memudahkan masyarakat dalam mengakses dokumen kependudukan, mencegah terjadinya penipuan, pemalsuan dan kebocoran data.

“Era digital merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindarkan bahkan sudah menjadi kebutuhan. Dengan adanya administrasi kependudukan digital, masyarakat tidak perlu khawatir jika dokumen kependudukan yang dimiliki hilang, rusak, maupun ketinggalan,” terangnya.

Dengan diterapkannya Identitas digital, seperti KTP ataupun KK, semua sudah ada didalam genggaman, di dalam handphone. (Samson)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Nukman: Musren Tingkat Kabupaten Mensingkronkan kegiatan untuk rencana kerja Pemerintah Daerah

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pemkab Lampung Barat adakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2025, di Gedung...

Wakil Rois Syuriah MWCNU Balik Bukit Himbau Masyarakat Kembali Menata Hati Bersatu dan Damai Pasca Pemilu 2024

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Wakil Rois Syuriah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Balik Bukit Ust Sholehuddin meminta masyarakat, khususnya yang berada di kecamatan...

Songsong Ramadhan 1445 Hijriyah Majlis Ta’lim Flamboyan Way Mengaku Berbagi

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah , Majelis Taklim Flamboyan melaksanakan kegiatan pengajian sekaligus Berbagi dengan tema Berbagi Itu Indah...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts