Jumat, Juli 26, 2024
Beranda ADVERTORIAL Disdukcapil Lampung Barat Uji Coba Identitas Kependudukan Digital

Disdukcapil Lampung Barat Uji Coba Identitas Kependudukan Digital

PusaranNews.id, Lampung Barat – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Lampung Barat melaksanakan uji coba Identitas Kependudukan Digital sejak (01/06/2022), lalu sampai saat ini terus berjalan.

Identitas kependudukan digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data dalam aplikasi digital, yang mana Uji coba ini baru dilaksanakan dijajaran Dinas Dukcapil Kabupaten dan Kecamatan.

Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Burwati mendampingi Kepala Disdukcapil Ruspan Anwar mengatakan, baru diuji cobakan kepada para ASN, ADB dan Operator Disdukcapil yang selanjutnya akan dilanjutkan kepada semua Aparatur Sipil Negara kampus-kampus, hingga kemasyarakat luas.

“Nantinya, semua warga masyarakat memiliki keterangan Digital ID, seperti KTP, KK, NPWP, kartu-kartu identitas lainnya, juga dokumen kepegawaian. Dengan adanya Digital ID ini, masyarakat tidak perlu lagi membawa KTP dalam bentuk kartu kemana-mana, cukup dengan membawa handphone saja dan KTP sudah bisa diperlihatkan secara digital,” kata dia.

Lanjut Burwati, ini Juga memudahkan masyarakat dalam mengakses dokumen kependudukan, mencegah terjadinya penipuan, pemalsuan dan kebocoran data.

“Era digital merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindarkan bahkan sudah menjadi kebutuhan. Dengan adanya administrasi kependudukan digital, masyarakat tidak perlu khawatir jika dokumen kependudukan yang dimiliki hilang, rusak, maupun ketinggalan,” terangnya.

Dengan diterapkannya Identitas digital, seperti KTP ataupun KK, semua sudah ada didalam genggaman, di dalam handphone. (Samson)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments