Senin, Juli 15, 2024
Beranda politik Bawaslu Provinsi Lampung Tinjau Kesiapan Rekrutmen Anggota Panwascam

Bawaslu Provinsi Lampung Tinjau Kesiapan Rekrutmen Anggota Panwascam

PusaranNews.id, Lampung Barat –  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung, Melalui Kordinator wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Way Kanan melakukan peninjauan kesiapan dan kelengkapan lokasi tes Computer Assisted Test (CAT) rekrutmen anggota Panwascam di, SMAN 1 Liwa Lampung Barat. Sabtu 1 Oktober 2022.

Hermansyah Anggota /Kordinator Devisi penyelesaian Sengketa, Kordinator wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Way kanan, Wakil kordinator wilayah Kabupaten Lamsel, Lampung Tengah dan Tulang Bawang Mengatakan bahwa meninjau kesiapan pelaksanaan tes CAT rekrutmen anggota panwascam se kecamatan Lampung Barat yang diselenggarakan oleh Bawaslu kabupaten Lampung Lambar.

Menyatakan bahwa dalam pelaksanaan rekrutmen anggota panwascam di 15 kecamatan Lampung Barat harus dilakukan perpanjangan, Hal ini disebabkan belum terpenuhi 30℅ keterwakilan perempuan dari jumlah pendaftar maka akan diperpanjang sampai tanggal 8 Oktober 2022 mendatang.

“Untuk kesiapan lokasi tes CAT, dan kelengkapan lainnya Bawaslu Lampung Barat sudah siap,” Ujar Hermansyah.

Pihaknya meminta kepada Bawaslu Lampung Barat untuk berkoordinasi dengan pihak PLN Cabang Kotabumi agar pada pelaksanaan tes ini nantinya tidak terjadi pemadaman listrik.

”Namun untuk antisipasi, Saya sudah meminta agar Bawaslu kabupaten menyiapkan Ganset, Karena dalam pelaksanaan tes ini tidak boleh terjadi pemadaman karena akan menggangu koneksi ke pusat,” ujarnya.

Hermansyah juga menjelaskan Dalam pelaksanaan tes ini nantinya akan dilakukan secara online, yang membuat soal, Yang mengoreksi dan yang menilai adalah pihak Bawaslu RI, serta mengeluarkan nilai, dan melakukan perengkingan nantinya Bawaslu RI.

Penerapan tes CAT ini terang dia, kali pertama dilakukan oleh pihak penyelenggara pemilu untuk rekrutmen anggota panwascam. Untuk level Bawaslu provinsi dan kabupaten sudah menetapkan tes CAT.

“Jadi komitmen pimpinan Bawaslu RI merekrut panitia pengawas yang memilik kompetensi terkait kepemiluan. Itulah yang diutamakan, Jadi meyakini bahwa meraka yang terpilih nanti memiliki nilai kepemiluannya masuk dalam kategori minimal,” terangnya.

Kendati demikian, dalam pelaksanaan tes CAT ini, pihaknya tetap melakukan pengawasan. Bahkan nantinya pihaknya akan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi adanya kecurangan dan adanya oknum-oknum yang ingin menjadi joki.

“Saya berharap rekrutmen panwascam berjalan baik dan sukses, untuk para peserta agar terus belajar tentang keterkaitan undang-undang kepemiluan dan penyelenggaraan pemilu. Yakin saja ini adalah tes yang benar-benar clean dan clear, artinya ketika peserta memang memilik kemampuan dan berhasil menyelesaikan soal dengan baik maka itulah nilai objektif yang didapat.” tukasnya. (Try)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments