Senin, Juli 15, 2024
Beranda Lampung Barat Way Semangka Meluap, Ratusan Hektar Sawah Warga Souh Terendam

Way Semangka Meluap, Ratusan Hektar Sawah Warga Souh Terendam

PusaranNews.id, Lampung Barat – Sungai Way Semangka, Pemangku Kali Bening Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat meluap, rendam ratusan hektar sawah, bahkan saat ini sawah-sawah tersebut baru saja dilakukan penanaman padi.

Meluapnya sungai tersebut, akibat guyuran hujan yang sangat tinggi dalam beberapa pekan ini. Air yang tidak tertampung dalam aliran sungai hingga banjir bandang terjadi.

“Naiknya volume air tumpah kedalam persawahan warga, mirinya sawah itu masih memiliki tanaman padi yang sudah berumur lebih kurang dua bulan, semuanya terendam,” Camat Suoh Dapet Jakson, S.Sos.

Akibat terendamnya padi tersebut, kata Dapet sudah dipastikan petani padi gagal panen, bahkan kerugian sangat besar, mengingat ratusan hektar sawah yang terdampak.

“Tanggul yang ada di sungai ini sudah jebol, sehingga saat hujan lebat akan berdampak, belum lagi kotoran, ranting yang mempersempit aliran sungai, ini yang harus menjadi perhatian pemkab,” kata dia.

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah mendata warga yang terdampak banjir bandang tersebut, serta mendata dampak kerusakan yang terjadi untuk kemudian dilaporkan kepada pihak terkait.

“Kami berharap banjir bisa segera surut, sehingga tanaman padi warga tidak rusak karena itu menjadi salah satu sumber penghasilan warga. Soal berapa jumlah warga yang terdampak sedang kami data bersama Peratin, nanti akan kami laporkan ke dinas terkait,” jelasnya. (Edi)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments