Wakil Sekretaris Tanfidziyah MWCNU Sukau Ust Ruli Rahmadani : Berpuasa Lebih Sekadar Untuk Menahan Haus dan Lapar

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Berpuasa di bulan Suci Ramadhan bukan dari sekadar menahan haus, lapar dan hal-hal yang membatalkan. Tapi berpuasa juga untuk menahan Lisan, tangan, kaki , mata mulut dan segala anggota badannya dari perbuatan dosa dan maksiat.

Puasa inilah disebut sebagai puasanya orang-orang khushus, demikian dijelaskan Ust Ruli Rahmadani Wakil Sekretaris Majelis Wakil Cabang (MWCNU) Kecamatan Sukau pada tausiahnya di acara puncak Pesantren Ramadhan SMPN Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit bertempat di Masjid Islamic Center Bintang Mas, Sabtu 16 Maret 2024 kemaren.

“Mari kita sama-sama mulai belajar untuk menjalankan puasa nya seperti orang-orang Khusus itu agar kita bisa meraih derajat ketakwaan yang terbaik ,” ajak Ust Ruli dihadapan 280 siswa-siswi yang terdiri dari kelas 7, 8 dan 9 yang mengikuti kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) tersebut.

Lanjut dia, adanya puasanya orang awam, puasa ini yang biasa dilaksanakan oleh kebanyakan orang, puasa yang dilakukannya sebatas menahan haus dan lapar serta hal-hal lain yang membatalkan puasa secara syariat.

“Selanjutnya adalah Puasa Khususil khusus , ini tingkatan tertinggi orang yg berpuasa,selain dia bisa menahan haus dan lapar, menjaga seluruh anggota tubuh dari hal yg merusak pahala puasa, juga bisa menjaga hatinya untuk selalu ingat kepada Alloh,”ungkapnya.

Tiga tingkatan puasa tersebut diharapkan siswa-siswi di SMP Sekuting Terpadu ini setiap tahunnya, setiap memasuki bulan Suci Ramadhan mampu meningkatkan kualitas puasanya.

Acara pesantren Ramadhan tersebut dihadiri oleh segenap dewan Guru SMP tersebut juga Wakil Ketua Masjid Islamic Centre Bintang Mas Ust Amin Tahyar,S.Pd.I, yang juga merupakan salah satu dewan guru di lembaga pendidikan itu.

Sementara itu kepala SMPN Sekuting Terpadu Ariani Rosa Lesmana S.Pd,M.Pd pada sambutannya menyampaikan bahwa pesantren Ramadhan 1445H ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan siswa siswi terhadap ibadah puasa dibulan Ramadhan agar dalam melaksanakan ibadah puasa betul-bet bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kegiatan pesantren Ramadhan SMPN Sekuting Terpadu dilaksanakan 3 hari mulai dari hari Kamis 14 Maret sampai dengan Sabtu 16 Maret 2024, lokasi kegiatan di Serambi Masjid islamic Centre Bintang Mas , Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Wates Kecamatan Balik Bukit,” kata dia.

Adapun materi sanlat hari pertama materi Fiqh Puasa di isi oleh Ust Amin Tahyar, hari kedua kegiatan Lomba Mengambar dengan Tema Kegiatan Ibadah dibulan Ramadhan dan pada puncak kegiatan sanlat,di isi dengan tausiyah oleh Ust Ruli Rahmadhani

Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445H tersebut diawali dengan melaksanakan solat Dhuha dan tadarus Al qur’an berjama’ah. (**)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

19 KPM Pekon Serungkuk Terima BLT DD, Peratin: Gunakan Bantuan Dengan Bijak

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Aparatur pemerintahan Pekon Serungkuk (Desa) Kecamatan Belalau, Lampung Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I, bulan Januari, februari,...

SMAN 1 Liwa, Gelar Pelepasan Siswa, Nukman : Kedepan Masuk Jajaran Sekolah Terbaik Nasional

 PusaranNews.id, Lampung Barat -¬†Penjabat Bupati Lampung Barat, Nukman, MS, MM, memberikan apresiasi kepada SMA Negeri I Liwa, yang termasuk salah satu sekolah unggulan di...

Pekon Campang Tiga Wakili EPP Batu ketulis Tahun 2024

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pekon Campang tiga Kecamatan Batu ketulis mewakili sepuluh Pekon yang ada di Kecamatan setempat untuk Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP),Senin 22...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts