Senin, Juli 15, 2024
Beranda Lampung Barat Ust Munawir Ingatkan Ibadah Qurban Mengajarkan Kita Untuk Tidak Egois, Saat Khutbah...

Ust Munawir Ingatkan Ibadah Qurban Mengajarkan Kita Untuk Tidak Egois, Saat Khutbah Idul Adha Di Majis Islamic Center

 

PusaranNews.id, Lampung Barat –┬áIbadah Qurban merupakan bentuk solidaritas sosial yang kuat terhadap sesama umat manusia.

Saat seseorang melaksanakan Qurban, mereka tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi, tetapi juga berbagi dengan mereka yang kurang beruntung demikian Ust Munawir M.Pd Khotib Shalat Idul Adha di Masjid Islamic Center Bintang Mas Lampung Barat ( Lambar) Senin 17/06/2024 ( 10 Dzulhijjah 1445H).

Hewan qurban yang disembelih akan dibagikan pada yang membutuhkan, termasuk fakir miskin, anak yatim, dan orang-orang yang terpinggirkan dalam masyarakat.

Melalui tindakan ini, ibadah qurban memperkuat ikatan sosial antara sesama manusia dan membantu mengurangi kesenjangan sosial .

Hal ini mengingatkan kita untuk tidak egois dan memperhatikan kebutuhan orang lain di sekitar kita, sehingga mampu menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan adil,” ujarnya.

Saat kita mengikuti ibadah qurban, kita harus memahami bahwa hewan qurban tersebut adalah makhluk ciptaan Allah yang juga memiliki hak-haknya. Islam mengajarkan bahwa hewan harus diperlakukan dengan baik dan disembelih dengan cara yang humanis.

Dalam tataran ini, melalui ibadah qurban, manusia belajar untuk memahami rasa sakit dan penderitaan makhluk lain, sehingga dapat merasakan kebutuhan dan kepedulian terhadap mereka.

“Ini mengembangkan sifat empati dalam diri kita dan mendorong kita untuk berperilaku dengan bijaksana terhadap lingkungan dan makhluk di sekitar kita,” ujar Ust Munawir.

Sementara itu Pj Bupati Lambar yang diwakili Assisten 3 Ismet Inoni dalam sambutannya mengingatkan Masyarakat bahwa membangun Lambar diperlukan sosok karakter seperti yang di tauladani oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dimasa kini dan mendatang harus di penuhi jiwa semangat berqurban.

“Melalui momentum Idul Adha ini, mari kita tingkatkan semangat dalam membangun Lambar dengan penuh keikhlasan, kejujuran,
Gotong Royong dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan,” kata dia.

Ismet inoni juga mengajak para jemaah shalat Id Adha untuk mendoakan 227 Jemaah Haji Lambar yang saat ini lagi berjuang melontar jumroh di jumrotul Ula, Wustho dan Aqobah, kemudian mengikuti rangkaian ibadah lainnya.

“Mari kita doakan para Jemaah haji senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan, keselamatan, perlindungan dan kemampuan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan kembali ke tanah air dengann predikat haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurroh,” harapnya.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Islamic Center Bintang Mas H Abdul Rosyd dalam sambutannya mengajak segenap pengurus untuk berkurban dalam konteks pengabdian sebagai pengurus Masjid itu.

“Pengorbanan kita selaku pengurus adalah Mengabdi kepada Agama, kepada Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten yang telah memberikan kepercayaannya guna kita
memakmurkan masjid ini, mulai dari Menata, mengurus, memperbaiki manajemen dan lain-lain,” Ajaknya.

“Kami baru 3 bulan dikukuhkan, masih banyak yang harus kami benahi , sekali lagi , Terimakasih atas kepercayaan kepada kami,” Tutupnya. (**)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments