Tim GLG Lampung Barat Jadi Pemateri Hari Kedua MPLS Di SMAN 1 Sekincau

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Tim Gerakan Literasi Daerah (GLG) Lampung Barat menjadi pemateri, di hari kedua Masa pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa didik Kelas X, SMA Negeri 1 Sekincau, Selasa 18 juli 2023.

Tim GLG yang mengisi pemateri tersebut yakni, Duta Suhanda, Dela Puspita dan Andi yang menggelar tatap muka dengan 203 siswa baru di ruang masjid setempat.

Kepala SMAN 1 Sekincau Imam Sape’i, M.Pdi kepada media ini menegaskan kegiatan MPLS dilaksanakan selama tiga hari, Senin – Rabu.

Hari pertama orientasi, seluruh siswa mengikuti upacara bendera bersama para orang tua/wali, yang kemudian rangkaian orientasi wali di laksanakan di masjid sekolah, dengan banyak materi pembahasan yakni ajakan kepada orang tua tentang bagaimana melakukan antisipasi, dalam kebersamaan agar antar sekolah dan wakil tidak sampai terjadi hubungan yang kurang baik, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.

“Pada orientasi MPLS hari pertama pihak. Sekolah memaparkan tentang program sekolah, program sekolah, hubungan wali dengan sekolah dengan lingkungan dan masyarakat  termasuk kewajiban yang harus dipenuhi wali sehingga kedepan tidak muncul permasalahan,” tegasnya.

Sedangkan pada MPLS hari kedua menjadi orientasi spesial dengan menghadirkan tim GLD dalam rangka mempertajam program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang memang sudah lama berjalan di SMA tersebut.

Dijelaskan Imam tujuan akhir MPLS tujuan supaya anak didik  baru lebih cepat cinta dengan sekolah.

Dimana setelah mengenal sekolah mulai dari visi dan misi, serta program apa maupun ekstrakurikuler (ekskul) bagaimana.

Tumbuhlah kecintaan siswa terhadap sekolah, yang menghasilkan siswa merasa betah menempuh pendidikan.

“MPLS ini upaya dalam menumbuhkan rasa cinta lebih awal siswa kepada almamater,” imbuhnya.

Sementara dikemukakan Duta Suhanda, dalam orientasi MPLS  Tim GLD menyampaikan materi Pengenalan GLD Lambar dan GLS.

Dimana, Gerakan Literasi di masa kepemimpinan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin menciptakan satu kebijakan dan program baru, yang mempunyai dampak positif sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat yaitu lahirnya tiga komitmen daerah, yaitu Kabupaten Konservasi, Kabupaten Tangguh Bencana dan Kabupaten Literasi

“Tujuan terbentuknya TIM GLD adalah untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalamrangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup,” ungkapnya.

Pihaknya mengajak Siswa-siswi SMAN 1 Sekincau untuk aktif di GLS dalam rangka Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah utamanya di SMAN 1 Sekincau dengan harapan Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah.

“Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak, agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan dan untuk Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca,
Kita menyampaikan materi tersebut dangan suasana yang menyenangkan,” ungkap dia. (**)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

BAZNAS Lampung Barat Kembali Raih Opini WTP Ke-2 Kalinya Untuk Laporan Keuangan 2023

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Setelah melalui proses audit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Tjahjo, Machdjud Modopuro & Rekan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten...

Usai Rapat Pleno PPK di Dapil 1 Lampung Barat, Bambang Kusmanto Apresiasi Para Saksi dan Relawan

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Bambang Kusmanto salah satu Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Nasdem Daerah Pemilihan 1 yang meliputi Kecamatan Balik Bukit, Sukau dan...

Pendaki Gunung Pesagi Dikabarkan Meninggal Dunia

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Seorang pendaki asal Desa Kamplas Kecamatan Abung Barat, Lampung Utara dikabarkan Meninggal Dunia Di gunung pesagi lampung Barat.Di ketahui Korban...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,500PelangganBerlangganan

Latest Posts