Sekura Cakak Buah Terjadwal Sampai 6 Syawal dan Tercatat Hingga Hari Ini 13 Pekon 

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Hingga hari ini 10 Ramadhan 1445 Hijriah, sudah 13 Pekon yang mendaftar akan melaksanakan Pesta Budaya Sekura Cakak Buah. Kamis 21 Maret 2024.

Diketahui, menilik penyelenggaraan Sekura Tahun lalu, terdapat 24 Pekon Penyelenggara, tentu diharapkan tahun ini, dari 24 pekon tersebut kembali bisa menyelenggarakan pesta budaya sekura kebudayaan adiluhung yang kita banggakan tersebut.

Ke-13 Pekon Yang dimaksud yakni:

1 Syawal : Pekon Muara Jaya II – Kebuntebu

2 Syawal : Pekon Kenali – Belalau
– Pekon Padang Dalom – Balik Bukit
– Pekon Muara Jaya II – Kebuntebu

3 Syawal : Pekon Way Empulau Ulu – Balikbukit
– Pekon Bahway (pelitajaya) – Balikbukit

4 Syawal : Pekon Balak – Batubrak
– Pekon Sukarami – Balikbukit
– Pekon Bedudu – Belalau

5 Syawal : Pekon Bakhu – Batuketulis
– Sukarami (Kurungan Aji) Balikbukit
– Pekon Kegeringan – Batubrak

6 Syawal : Pekon Wates – Balikbukit
– Pekon Canggu – Batubrak

“Kami akan menyurati Camat se-Lampung Barat untuk bisa mengantisipasi dan mempersiapkan perayaan hari besar umat Islam Hari Raya Idul Fitri yang tersebar di Lampung Barat, terkhusus kepada wilayah yang menyelanggarakan Pesta Budaya Sekura Cakak Buah,” Kata Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Endang Guntoro mendampingi Kepala Disporapar Lambar Dahlin.

Diharpkan kata Endang, husus kepada wilayah yang menyelanggarakan Pesta Budaya Sekura Cakak Buah yang menggunakan failitas umum jalan raya, agar supaya bisa diselenggarakan tanpa mengganggu ketertiban umum.

“Pesta Budaya Sekura Cakak Buah dari tahun lalu 2023 dan kembali ditahun ini menjadi series dari penyelenggaraan Karisma Event Nusantara (KEN) Festival Budaya Sekala Bekhak,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa Festival Budaya Sekala Bekhak mengusung tema “Sekura The Mask of Nation”, dari ribuan event di nusantara event FBSB menjadi salah satu dari 100 event terpilih untuk menjadi event unggulan di nusantara, Sekura menjadi daya tarik dan menjadi magnet tersendiri untuk orang-orang diluar Lampung.

“Event ini banyak menarik kunjungan wisatawan dari luar untuk bisa menyaksikannya, dibeberapa tahun terakhir banyak sekali wisatawan yang datang khusus untuk bisa menyaksikan pesta budaya sekura cakak buah,. untuk itu mari kita jaga kesopanan, ketertiban, terkhusus menjaga adab berpakaian,” harapnya.

Mari tunjukkan bahwa event ini menjadi kebanggaan bersama, warga Lambar sebagai pemilik adat dan masyarakat nusantara sebagai penikmatnya, semoga kesadaran peserta akan hal ini bisa tertanam baik dan bisa menampilkan budaya yang sebenar-benarnya budaya.

“Pesta budaya sekura menjadi sebuah event yang sangat ditunggu oleh para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di lampung barat, para penggiat UMKM dan Ekraf akan bisa meraup keuntungan puluhan bahkan ratusan juta rupiah dari penyelenggaraan pesta budaya ini,” kata dia.

“Mari kita dukung para penggiat UMKM dan Ekraf, dukung program Bangga BUatan Indonesia (BBI), Bela Beli Produk UMKM dan Ekraf serta mari kita dukung program Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI),” katanya. (**)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Pasca Libur Idul Fitri ASN Dilingkup Pemkab Lampung Barat Disidak Penjabat Bupati

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pasca libur idul fitri 1445 Hijriah 2024, Aperatur Sipil Negera (ASN) di komplek Kabupaten Lampung Barat disidak, Selasa 16 April...

Parosil Mabsus Daftarkan Diri Sebagai Balon Bupati, Dimarkas PDI Perjuangan Lambar

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lampung Barat Bukak Penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati - Wakil Bupati untuk...

Khatib Shalat Idul Fitri, Ust Muhahamd Ridho : Pantaskah di Hari Yang Fitri Kita Merayakan Kemenangan?

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Sekitar 300an Jemaah Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445H memenuhi Masjid Al Iman Lingkungan Sukamenanti ,Kelurahan Pasar Liwa , Kecamatan Balik...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts