Sekitar 200 Kepala Keluarga pengungsi, Ranting NU Pekon Sidomulyo Pagar Dewa Buka Posko Dan Dapur Umum.

PusaranNews.id, Lampung Barat – Bencana banjir bandang dan longsor yang menimpa di sejumlah pemangku (dusun) di Kecamatan Pagar Dewa pada, Kami 9 Maret 2023, khususnya di pemangku Tanjung Kurung mengakibatkan sekitar 200 Kepala Keluarga kini berada di lokasi pengungsian.

Merespon dampak bencana tersebut segenap Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama
(NU) Pekon) Sidomulyo , Kecamatan Pagar Dewa mendirikan dapur umum dan distribusi bantuan logistik untuk warga terdampak banjir.

Ketua Ranting NU Sidomulyo Nurul Hidayatulloh mengatakan, pendirian Posko dan dapur Umum merupakan bentuk tanggung jawab NU untuk membantu meringankan beban masyarakat.

“Posko dan Dapur Umum Ranting NU ini berdiri sejak H plus dua sejak bencana terjadi , ini didirikan sampai seterusnya akan terus membantu masyarakat yang sedang mengalami musibah bencana,” ujar Nurul Hidayatulloh.

Posko itu menerima dan mendistribusikan bantuan logistik untuk para pengungsi dari masyarakat umum yang peduli dengan bencana tersebut.

“Semua yang kami terima itu dari masyarakat umum dan komunitas komunitas , ada sembako , pakaian bekas layak pakai dan obat-obatan , kemudian para Relawan-relawan kami yang merupakan para pengurus NU Ranting serta banom banom juga masyarakat setempat telah mendistribusikan bantuan itu , tentunya setelah kami berkoordinasi dengan Aparat Pekon dan pihak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten , ” jelas Nurul Hidayatuolloh.

Sampai dengan hari ke-4 (empat) bencana terjadi pihaknya telah mendistribusikan donasi pakaian bekas layak pakai sebanyak 45 (empat puluh lima) karung.

“Bantuannya beragam dan ada pakaian untuk orang dewasa , untuk anak anak , juga ada banyak juga selimut , untuk beras ada sekitar 1 setengah Ton yang telah di kirim ke lokasi pengungsian , ” ungkapnya.

Nurul juga menjelaskan bahwa saat ini ada dua posko yaitu Posko Desa dan Posko Ranting NU.

” Kita sama sama , berkoordinasi
dan pada saat mendistribusikan kita bergerak bersama , ndak masalah , karena kami di Posko Ranting NU ini mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak Aparat Pekon, jadi ndak ada masalah , ini Alhamdulillah hampir semua ranting di Pagar Dewa telah berkontribusi juga dari MWC Pagar Dewa sudah masuk kontribusinya , ” jelas Nurul Hidayattuloh.

“Bantuan tersebut bisa meringankan beban korban banjir bandang dab longsor ini “Dengan bantuan ini, semoga masyarakat bisa sedikit terbantu dan tabah menghadapi musibah banjir ini,” ujar Nurul.

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung Barat Kiai H. Imam Syafi’i meminta segenap pengurus NU dan Keluarga Besar NU yang wilayahnya terdampak banjir bandang dan longsor di Pagar Dewa agar mengkondisikan relawan NU untuk terus membantu masyarakat yang terdampak dengan melibatkan semua lapisan masyarakakat , khususnya suplai logistik juga dapur umum.

“Saya juga meminta kepada seluruh masyarakat warga NU di Lampung Barat untuk memberikan bantuan donasi sesuai kebutuhan pengungsi dan juga untuk terus memohon doa kepada Allah agar kiranya semua segera baik baik dan normal seperti dahulu ,” ajak Kiai Imam Syafi’i. (Rls/PN)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Zulfa Kalya Putri Asli Lambar, Wakili Lampung di Ajang Pemilihan Putri Indonesia

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Zulfa Kalya Putri, merupakan putri daerah asli Kabupaten Lampung Barat. Putri kedua dari pasangan bapak Muzairi dan Ibu Rina Agustina...

Waduh!!! Baru Seumur Jagung Rabat Beton Di Padang Dalom Sudah Rusak

 PusaranNews.id, Lampung Barat -┬áDiduga Pembangunan Rabat Beton Bersumber Dari Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 di Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat,...

Sat Lantas Polres Lambar Juga Berikan Reward Sim Geratis Kepada Lima Siswa Dalam Kegiatan Police Go To Scholl

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Selain memberi pemahaman terkait tertib berlalulintas dalam kegiatan Police Go To School, Sat Lantas Polres Lampung Barat juga berikan kepada...

Get in Touch

0FansSuka
3,873PengikutMengikuti
21,200PelangganBerlangganan

Latest Posts