Prorprov Ke-IX Di Stadion Pahoman Lampung, Sekura Betik Akan Ikut di Tampilkan

PusaranNews.id, Lampung Barat – Tradisi Sekura (Pesta topeng) asal Lampung Barat bakal menjadi bagian yang disuguhkan saat open ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, Senin, 5 Desember 2022.

Ketua Umum (Ketum) KONI Lampung Barat Parosil Mabsus mengatakan, Tradisi sekura itu bakal dipakai para kontingen utusan Bumi Beguai Jejama tesebut di ajang pesta olah raga diranah Sai Bumi Rua Jurai tersebut.

Menurut Parosil yang juga selaku Bupati Lampung Barat itu, sekura yang bakal ditampilkan, yakni sekura betik atau helau (Bersih, Red) dan tampilnya sekura di ajang porprov tersebut bagian dari promosi budaya Lampung, khususnya Lampung Barat.

“Ada 182 orang bakal bakal dilepas dikukuhkan dan sekaligus pelepasan di lobby kantor bupati besok, Kamis, 1 Desember 2022. Dimana utusan Lampung Barat merupakan atlet-atlet terbaik dan duta dalam mempromosikan adat budaya Lampung Barat, sekura. Soal cabang olah raga (Cabor) yang diikuti, Parosil menyebut setidaknya 19 cabor,” kata dia.

Diharapkan dalam porprov nanti, Lampung Barat Bisa masuk tiga besar, sehingga kabupaten ini bisa mendulang prestasi gemilang, itu targernya.

“Persiapan sudah matang, seluruh Pemkab sudah melakukan pemusatan latihan, selain meraih prestasi terbaik dengan target masuk tiga besar, kami juga pada defile pada malam pembukaan yang akan di gelar di Stadion Pahoman Bandar Lampung, Senin (5/12) mendatang akan menampilkan seni budaya sekura,” ungkapnya. (Edi)

Terkait utusan, Pak Cik mengatakan atlet asli Lampung Barat.

Pada Porprov Lampung IX Tahun 2022 yang akan dihelat 4-13 Desember, kata Parosil, semua cabor punya target medali emas, dan apabila dilihat dari hasil beberapa ajang olahraga setahun terakhir atlet Lampung Barat banyak menghasilkan prestasi terbaik.

“Atlet Karate sudah meraih prestasi tingkat nasional bahkan Asean, atlet Pencak Silat selalu mendominasi di Lampung, bulutangkis selalu mendapat gelar juara, gulat tetap ditarget juara umum Porprov, demikian juga dengan cabor lain, seperti tenis meja, renang, panahan, e_sport, panjat tebing, taekwondo, kempo, tarung derajat, sambo, catur, termasuk cabor beregu, seperti bola voli, basket dan futsal,” tandas Pakcik. (Edi)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Implementasi Kurikulum Merdeka, SMAN 1 Pesisir Selaran Gelar Karya P5

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat Laksanakan Gelar Karya Pembelajaran Projek Pengiatan Profil Pelajar Pancasila...

Hadapi Nataru 2024, Pemkab Pesisir Barat Persiapkan Pengamanan

 PusaranNews.id, Pesisir Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) menggelar rapat persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, di ruang rapat Asisten,...

Penjabat Sekkab Pesisir Barat Dilantik Agus Istqlal

 PusaranNews.id, Pesisir Barat -¬†Penjabat (Pj) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesisir Barat resmi di lantik Bupati, Pelantikan tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Pesibar Nomor: B/513/KPTS/V.04/HK-PSB/2023...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,400PelangganBerlangganan

Latest Posts