Penyalah Gunaan Obat Batuk Belasan Pemuda dan Satu Bandar Diamankan Jajaran Sat Narkoba Polres Lambar

PusaranNews.id, Lampung Barat РSatserse Narkoba Polres Lampung Barat amankan belasan pemuda dan satu bandar, dengan penyalah gunaan obat batuk mengandung zat dextromethorphan, guaifenesin dan chlorpheniramine maleate dengan merk Ifarsyl.

Kasatres-Narkoba Polres Lambar Iptu Juherdi Sumandi mengatakan, 18 pemuda yang diamankan atas penyelidikan selama ini, dimana banyaknya pemuda yang sering mengkonsumsi obat batuk merk Ifarsyl untuk mabuk-mabukan atauk ngefly.

“Berdasarkan identifikasi dan pemeriksaan terdapat 100 orang yang menjadi pelanggan dari yang bersangkutan si bandar (RK) bukan hanya pemuda yang menjadi sasaran tetapi juga anak-anak sekolah. Bahkan pengakuannya, ia mampu menjual ifarsyl satu dus perhari,” kata dia.

Masih kata Juherdi, sebanyak 18 anak yang sempat diamankan, mengakui dapat mengonsumsi sekitar 10 tablet perhari, bahkan mirisnya, salah satu pemuda mengakui pernah mengkonsumsi hingga 30 tablet.

“Obat batuk ini memang tidak mengandung zat Narkotika, psitropika dab obat terlarang, namun hal ini bisa membahayakan bagi keaelamat karena cara pakai atau konsumsi yang berlebihan, ini bisa mengancam sehetan jiwa,” kata dia.

Atas kejadian tersebut, para pemuda yang diamankan aetelah diberikan pembinaan, kini sudah diaerahkan ke pihak kekuraga, untuk dijaga agar anak-anaknya dijauhkan dari hal-hal negatif.

“Kami berharap kepada pemuda agar tidak lagi melakukan hal yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dan bagi orang tua untuk mengawasi anak-anaknya dari hal yang merusak badan seperti mengginakan obat-obatan melebihi dosis dan ketentuan yang ada,” kata dia.

Sementara untuk RK selaku bandar, saat ini masih ditetapkan sebagai saksi dan diberi peringatan hingga tidak dilakikan penahanan.

“Tidak ditahan karena ada permintaan dari pihak keluarga, tapi kami memastikan bahwa perkara ini masih terus berlanjut,”

Karena kata dia, pihaknya masih melengkapi berkas lainnya serta masih meminta keterangan tim ahli dari Ikatan Apoteker Indonesia Lambar.

“Serta meminta keterangan dari Dinas Kesehatan di bidang hukum, termasuk kami akan berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Lampung terkait penjualan obat medis yang disalahgunakan,” jelas dia.(Edi)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

BAZNAS Lampung Barat Kembali Raih Opini WTP Ke-2 Kalinya Untuk Laporan Keuangan 2023

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Setelah melalui proses audit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Tjahjo, Machdjud Modopuro & Rekan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten...

Usai Rapat Pleno PPK di Dapil 1 Lampung Barat, Bambang Kusmanto Apresiasi Para Saksi dan Relawan

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Bambang Kusmanto salah satu Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Nasdem Daerah Pemilihan 1 yang meliputi Kecamatan Balik Bukit, Sukau dan...

Pendaki Gunung Pesagi Dikabarkan Meninggal Dunia

  PusaranNews.id, Lampung Barat - Seorang pendaki asal Desa Kamplas Kecamatan Abung Barat, Lampung Utara dikabarkan Meninggal Dunia Di gunung pesagi lampung Barat.Di ketahui Korban...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,500PelangganBerlangganan

Latest Posts