Pekon Bedudu Gelar Pesta Budaya Sekura Cakak Buah

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Setelah sekian lama tidak menggelar pesta budaya sekura cakak buah,karang taruna bersama masyarakat pekon bedudu kecamatan belalau Hari ini 4 syawal 1444 Hijriyah menggelar pesta budaya sekura cakak buah dengan mengambil tema “sikam sekura luot”.

Pesta budaya sekura cakak buah merupakan tradisi panjat pinang dengan menggunakan kostum unik dan bertopeng yang hanya ditemukan di kabupaten lampung barat.

Pesta budaya yang sudah digelar sejak dulu ini menjadi ajang silaturahmi masyarakat.Perayaan ini juga merupakan wujud kegembiraan warga setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Tradisi ini digelar mulai dari 1 syawal sampai 6 syawal di beberapa kecamatan yang ada di lampung barat.Pelaksanaannya dilakukan secara bergantian dari satu wilayah ke wilayah yang lain,berdasarkan hasil kesepakatan para tokoh adat dan masyarakat.

Pantauan PusaranNews.id dilokasi tampak masyarakat begitu antusias untuk menyaksikan pesta budaya ini,dan selain warga yang berdatangan ada juga sejumlah pedagang UMKM.

Diketahui,terdapat 8 batang pinang yang dipersembahkan masyarakat pekon bedudu untuk perwakilan masyarakat dari berbagai daerah lain,dan 2 batang pinang khusus untuk anak-anak yang merupakan sumbangsih dari Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan Drs.H.Mukhlis Basri.

Peratin Pekon Bedudu, Alexander metias dalam sambutannya mengatakan,terimakasih yang setinggi tinggi nya kepada seluruh elemen masyaratan yang di motori oleh karang taruna yang telah mendukung untuk terselenggaranya acara pesta budaya sekura cakak buah.kegiatan ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak masyarakat yang sudah jauh hari mempersiapkan segala hal.

“Alhamdllah hari ini kita bisa bersilaturahmi yg di kemas dalam acara pesta sekura yang memang sudah turun menurun diadakan di pekon dan di lampung barat pada umumnya,dan alhamdulillah untuk pekon bedudu khususnya atas kerjasam karang taruna dan seluruh masyarakat pekon bedudu setelah sekian lama tidak melaksanakan pesta buday tahun ini bisa melaksanakan pesta budaya ini,”

alex juga berharap kita semua dapat bekerjasama demi kesuksesan acara ini agar budaya ini bisa kita berlanjut dilaksanakan di tahun yang akan mendatang.

“kita bersama-sama mensukseskan acara ini,mudah-mudahan acara ini berjalan dengan aman lancar hingga selesai sehingga kita bisa melaksanakan acara ini di tahun yang akan mendatang,”

terakhir alek mengucapkan permohonan maaf atas segala kekurangan kepada seluruh elemen masyarakat pekon bedudu.

“Dalam acara ini sudah barang tentu banyak kekurangan,namun semua itu merupakan bentuk evaluasi untuk kita semua untuk di masa -masa yang akan datang,mudah-mudahan bisa berkelanjutan bisa kita laksanakan pesta budaya sekura khususnya di pekon bedudu ini,”Pungkasnya.(Reflin)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Curanmor di Batukebayan, Polsek Sekincau Masih Lakukan Penyelidikan

 PusaranNews.id, Lampung Barat -┬áPolsek Sekincau, Polres Lampung Barat tindak lanjuti laporan warga terkait tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang terjadi di Pekon Batu...

Lubang Menganga di Badan Jalan Bundaran Tugu Ara Pasar Liwa, Diperbaiki Jajaran Sat Lantas Polres Lampung Barat

 PusaranNews.id, Lampung Barat -┬áRusak parah, jalan lintas Nasional tepatnya di bundaran tugu ara Kelurahan Pasar Liwa Lampung Barat, bahayakan pengguna jalan.Karena tidak kunjung diperbaiki,...

Parosil Apresiasi Tim Pemburu Harimau Yang Diduga Makan Manusia di Suoh

  PusaranNews.id, Lampung Barat - Tertangkapnya dugaan Harimau sumatera yang memangsa manusia di Kecamatan Suoh Lampung Barat, mendapat apresiasi dari Ketua DPC PDIP Parosil Mabsus.Apresiasi...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan

Latest Posts