Jumat, Juli 19, 2024
Beranda ADVERTORIAL Masalah Sampah Di Perbatasan Pekon Canggu Dan Kutabesi, Hamrawi: Solusinya Ada Pada...

Masalah Sampah Di Perbatasan Pekon Canggu Dan Kutabesi, Hamrawi: Solusinya Ada Pada Kecamatan Dan Pekon Itu Sendiri

PusaranNews.id, Lampung Barat – Dinas Lingkungan Hidup DLH) tanggapi Terkait masalah sampah yang ada di perbatasan Pekon Canggu dan Pekon Kotabesi, dimana saat ini sampah sudah numpuk kembali.

Sekretaris DLH Lambar Hamrawi Mengatakan, Masalah Sampah ini memang tidak akan pernah selesai jika tidak ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Selain itu juga Camat harus memanggil peratin untuk duduk bersama agar mencari solusi terbaik.

“Satu-satunya Solusi adalah pihak dari Kecamatan dan Pratin untuk duduk bersama, agar menekankan warga agar setiap rumah membuat lubang dua meter kali dua meter, sehingga tidak ada lagi warga membuang sampah sembarangan,” kata dia.

Lanjut Hamrawi, Jika kecamatan dan pekon bisa mempasilitasi hal tersebut, maka sampah-sampah warga saat penuh juga bisa dibakar, diyakinkan lubang yang dibuat akan bertahun-tahun tidak akan penuh.

“Itu satu solusi terbaik jika halnya ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Kalau tidak Pihak pekon dan kecamatan membuat Tempat Pembungan Sampah (TPS) sementara di sejumlah titik pekonnya sendiri melalui Dana Desa (DD), dan memiliki kendaraan Dum Truck, kami pihak DLH siap Mempasilitasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS),” jelas dia.

Masih kata dia, jika halnya pihak pekon mengandalkan pihak Pemkab itu tidak akan bisa selesai, karena keterbatasan armada dan personil juga dananya.

“Kalau mengandalkan dari DLH itu susah untuk diselsaikan, karena dari semua segi masih kekurangan, di lingkup Pemkab dan Kecamatan Balikbukit saja belum sepenuhnya maksimal,” ungkapnya. (Samson)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments