Lazisnu Lampung Barat Terbitkan Surat Edaran Pembentukan JPZIS 1445 H

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Memaksimalkan potensi zakat, infak, dan sedekah pada momentum Ramadhan 1455 H sebagai wujud kepedulian sosial pada sesama.

Hal tersebut merupakan salah satu catatan penting hasil silaturahmi dan tarhib Ramadhan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang PW-PCNU Se-Indonesia yang di laksanakan Via Zoom, Sabtu 9 Maret 2024.

Kyai Imam Syafi’i Ketua Tanfidziyah PCNU Lampung Barat mengatakan, hasil silaturahmi dimaksud yakni, Menginstruksikan kepada seluruh jajaran PW-PC-MWC-Ranting NU untuk menjadikan Ramadhan sebagai momentum berkonsolidasi secara menyeluruh dengan melibatkan semua jaringan Nahdlatul Ulama, termasuk badan-badan otonom dan lembaga pendidikan dan pesantren di lingkungan NU.

“Segenap Pengurus Cabang hingga Ranting juga dihimbau untuk mengamalkan doa-doa yang diajarkan oleh para kiai NU, termasuk doa untuk keamanan dan kemaslahatan Indonesia serta doa untuk saudara-saudara di Palestina dan melakukan Qunut Nazilah di setiap shalat Maktubah untuk memohon pertolongan bagi Palestina (Redaksi Qunut merupakan Ijazah dari Rais Akbar Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari pada tahun 1938),” kata Imam Syafi’i.

Menindaklanjuti apa yang telah menjadi instruksi dari PBNU kepada jajaran PW-PC-MWC-Ranting NU Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LazisNU ) Lampung Barat Ust. Ahmad Yasir Hadibroto menerbitkan Surat Edaran (SE) Perihal Himbauan Pembentukan Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan Shadaqah (JPZIS) 1445 H.

Surat bernomor 053/LAZISNU-PCNU/A.01 B-12/03/2024 Lampung Barat, tertanggal 27 Sya’ban 1445 H (09 Maret 2024) ditujukan. Ketua Unit Pengelola Zakat Infaq Shadaqah (UPZIS) MWCNU se-Kabupaten Lampung Barat dan kepada Ketua MWCNU se-Kabupaten Lampung Barat.

“SE tersebut berdasarkan Pedoman Organisasi NU-CARE LAZISNU tentang pengelolaan zakat pada JPZIS, maka kita menghimbau kepada Pengurus UPZIS MWCNU dan Pengurus MWCNU se-Kabupaten Lampung Barat untuk segera membentuk dan menerbitkan Surat Keputusan serta mengesahkan Surat Keputusan (SK) Ijin Operasional JPZIS,” jelas Ahmad Yasir.

Adapun terkait dengan SK ijin operasional JPZIS tersebut dengan ketentuan pertama, Surat Keputusan JPZIS diterbitkan dan disahkan oleh MWCNU setempat, kemudian untuk SK Ijin Operasional JPZIS diterbitkan dan disahkan oleh UPZIS MWCNU setempat, sedangkan Masa berlaku pengurus JPZIS minimal 2 (dua) bulan dan maksimal 12 (dua belas) bulan terhitung sejak tanggal ditetapkan.

Lebih lanjut dia, menjelaskan bahwa Pengurus minimal 5 (lima) orang dan maksimal 15 (lima belas) orang, selanjutnya kita minta bahwa untuk tembusan SK MWCNU dan UPZIS ditujukan kepada, PCNU Kabupaten Lampung Barat
dan LAZISNU PCNU Kabupaten Lampung Barat dan masing-masing pengurus tingkat kecamatan agar dapat mengirimkan File Scan/Foto SK yang diterbitkan ke email : lazisnulampungbarat@gmail.com.

“Kami berharap nantinya para pengurus yang telah di SK-kan akan aktif dalam kinerjanya termasuk petugas lapangan, dapat semangat untuk menjemput dan melaporkan dana, kita bisa menambah wawasan masyarakat yang masih ada kurang paham dalam berzakat, berinfak dan bersedekah, serta pentingnya zakat infaq shadaqah itu untuk meningkatkan harkat sosial dan membantu mensejahterakan umat,” pungkas dia. (**)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

19 KPM Pekon Serungkuk Terima BLT DD, Peratin: Gunakan Bantuan Dengan Bijak

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Aparatur pemerintahan Pekon Serungkuk (Desa) Kecamatan Belalau, Lampung Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I, bulan Januari, februari,...

SMAN 1 Liwa, Gelar Pelepasan Siswa, Nukman : Kedepan Masuk Jajaran Sekolah Terbaik Nasional

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Penjabat Bupati Lampung Barat, Nukman, MS, MM, memberikan apresiasi kepada SMA Negeri I Liwa, yang termasuk salah satu sekolah unggulan di...

Pekon Campang Tiga Wakili EPP Batu ketulis Tahun 2024

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pekon Campang tiga Kecamatan Batu ketulis mewakili sepuluh Pekon yang ada di Kecamatan setempat untuk Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP),Senin 22...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts