Senin, Juli 15, 2024
Beranda Lampung Barat Kurban Berkah BAZNAS (KBB) Lampung Barat Distribusikan 510 Paket Daging Kurban

Kurban Berkah BAZNAS (KBB) Lampung Barat Distribusikan 510 Paket Daging Kurban

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Hari Raya Idul Adha tahun ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyelenggarakan Program Kurban Berkah BAZNAS (KBB). Program ini diselenggarakan bekerja sama dengan BAZNAS Provinsi Lampung dan BAZNAS Republik Indonesia.

Lampung Barat menjadi salah satu dari 4 kabupaten di Provinsi Lampung yang terpilih melaksanakan program kurban berkah BAZNAS ini. Tiga kabupaten lainnya adalah Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Tulang Bawang Barat.

Ketua BAZNAS Lambar, Abdul Rosid menjelaskan, untuk BAZNAS Lambar, pihaknya mendapat jatah sebanyak 30 ekor kambing kurban dari BAZNAS pusat. Hewan kurban tersebut akan disembelih pada Rabu, (19/6) berlokasi di Pondok Pesantren Daruth Tholibin Balik Bukit.

“Hari ini kami menyembelih 30 ekor kambing kurban dari BAZNAS RI. Daging-daging kurban ini kemudian akan kami bagi menjadi 510 paket untuk didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu di beberapa kecamatan di Lambar,” jelas Rosid.

Lebih lanjut Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Lambar itu menambahkan, pendistribusian paket daging kurban akan dimulai pada hari yang sama. Proses pembagian akan melibatkan petugas lapangan, pondok pesantren dan pihak setempat untuk memastikan penyaluran tepat sasaran.

Adapun daging kurban itu akan sebagian di salurkan ke 10 Pondok Pesantren (ponpes ) 1.ponpes Daruth Tholibin Balik Bukit pimpinan Kiai Agus Muallif , 2.ponpes YamBuul Quran Ust Lutfi 3.ponpes Al Falah Balik Bukit Ust Ridho
4.ponpes Mifhtahul Ulum Ust Tamri 5.ponpes Nurul Islam Sekincau Ust Syamsul Ma’arif , 6.ponpes Ma’had Raoudhatus Sholihin Suoh Ust Burhanudin 7.ponpes Al Hasyimmiaah Air Hitam Kyai Maryadi , 8.ponpes Raudhatus Sholihin Kyai M.Thoha 9.ponpes Air Hitam Idyahhud Tholibin Ust Dimyati dan 10. Ponpes Mifthahul Ulum Air Hitam kyai Ali Mukson

“Kami mengapresiasi dukungan BAZNAS pusat melalui program Kurban Berkah ini. Ini akan sangat membantu masyarakat kita di Lambar,” pungkas Rosid.

Sementara itu Pj Bupati Lambar Nukman mengapresiasi Program Kurban Berkah BAZNAS, baik BAZNAS RI , Propinsi dan Kabupaten . ” Ini Merupakan wujud nyata kepedulian lembaga zakat negara terhadap kaum dhuafa dan mustahik melalui pendistribusian daging hewan kurban ke seluruh wilayah Indonesia.

Nukman lebih lanjut menuturkan bahwa dipahami tujuan KBB 1445H/2014M pertama Mensyiarkan syariat Kurban, kedua memfasilitasi penyaluran daging kurban para Mudhohi (Shohibul kurban) kepada penerima manfaat yang berhak di berbagai wilayah Indonesia, ketiga Pengurangan beban belanja Mustahik.

“Tujuan lainnya program KBB adalah menyerap hasil budidaya peternak binaan BAZNAS dan juga terpenting sebagai kontribusi program penuruan Angka Stunting,” jelas Nukman.

Adapun yang akan menyembelihnya BAZNAS Lambar telah berkirim surat secara Resmi untuk menjadi juru sembelih yaitu pertama Ustadz Pairozi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI ) Lambar , Kedua Ust Hernadi Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Balik Bukit dan Ketiga Ust Munawir Imam Besar Masjid Islamic Center Bintang Mas Lambar yang juga pengurus Bagian Dakwah dan Pendidikan Syiar Sembelih Halal Juleha Wilayah Lampung.

Hadir pada acara penyembelihan ke-30 hewan kurban tersebut Ketua H Abdul Rosid Sekretaris BAZNAS Vicky Andreas Fiqrulloh Kiai Haji Agus Mualif Wakil Ketua 1 Bidang Penghimpunan , Wakil Ketua Aep S Ferdian Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Wakil Ketua 3 Dede Tarmidi Bidang Keuangan dan Pelaporan , Wakil Ketua 4 Sufaat Bidang Administrasi Umum. (**)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments