Kebun Kopi di Pekon Hujung Kecamatan Belalau Hampir Terbakar, Warga Sigap Padamkan Api

 

PusaranNews.id, Lampung Barat –┬áMusim kemarau yang masih melanda di Lampung Barat, memang harus membuat masyarakat berhati-hati, sehingga bisa meminimalisir terjadi kebakaran, baik kebakaran hutan maupun rumah.

Karena dugaan akibat pembuangan putung rokok, kebun kopi milik Wawan warga Pemangku 1 Rt.04 Pekon Hujung Kecamatan Belalau, hampir terbakar, beruntung api cepat dikatahui dan langsung dipadamkan.

“Kami tidak tahu asal api, mungkin dari pembuangan puntung rokok. Saat api sudah membesar dan sudah memkan dedauan dan puluhan batang kopi ikut terbakar, api segera diketahui, dan kami warga sekitar gotong-royong memadamkan api dengan alat seadanya, seperti ember dan alat semprot rumput,” kata salah seorang warga sekitar Kamto.

Lanjut dia, pihaknya berharap agar masyarakat jika selesai merokok untuk mematikan apinya jangan sembarangan membuangnya, karena daun kering bisa cepat terbakar.

“Kami selaku warga sekitar yang rumah tempat tinggal dekat dengan perkebunan kopi, berharap agar warga yang habis merokok membuang puntung rokoknya. Apalagi sampai membakar dedaunan,” kata dia.

Dilain pihak Dedi, juga warga setempat yang ikut memdamkan api, awalnya terkejut karena suara api membakar ranting dan daun-daun jelas terdengar, selain itu juga asap tebal terlihat karena api juga membakar pohon pisang hingga api terlihat tinggi membesar.

“Kami kaget melihat kepulan asap dan suara api membakar dedaunan kering, beruntung ada sejumlah warga lain bisa membantu memadamkan api,” ungkap dia. (*)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Nukman: Musren Tingkat Kabupaten Mensingkronkan kegiatan untuk rencana kerja Pemerintah Daerah

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pemkab Lampung Barat adakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2025, di Gedung...

Wakil Rois Syuriah MWCNU Balik Bukit Himbau Masyarakat Kembali Menata Hati Bersatu dan Damai Pasca Pemilu 2024

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Wakil Rois Syuriah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Balik Bukit Ust Sholehuddin meminta masyarakat, khususnya yang berada di kecamatan...

Songsong Ramadhan 1445 Hijriyah Majlis Ta’lim Flamboyan Way Mengaku Berbagi

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah , Majelis Taklim Flamboyan melaksanakan kegiatan pengajian sekaligus Berbagi dengan tema Berbagi Itu Indah...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts