Harga Kopi Tidak Stabil, Banyak Petani Merambah Ketanaman Kates

PusaranNews.id, Lampung Barat – Harga kopi tidak stabil ditingkat petani, membuat para petani kopi Mengeluh, bahkan harga saat ini belum sebanding dengan biaya hidup sehari-hari.

Salah seorang Tengkulak (pengepul) Kopi Pekon Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat Rinto Mengatakan, jika harga kopi saat ini Tidak sesuai dengan biaya operasinal dan bahan pokok, Seperti Pajak, obat-obatan dan pupuk yang harganya selangit.

“Harga kopi saat ini tidak stabil, terkadang dalam satu pekan bisa dua tiga kali terjadi perubahan harga, yakni dari harga Rp20.000/kilo hingga Rp23.000/kilo, sementara bahan pokok setiap sudah dibaikkan tidak pernah turun lagi,” kata dia.

Lanjut dia, selain kopi saat ini sudah ada alternatif tanaman yang menjanjikan yakni Kates, hingga sebagian masyarakat sudah mulai beralih haluan, bahkan ada yang berspekulasi membabat tanaman kopi untuk ditanam kates.

“Sudah banyak saat ini yang beralih dari tanaman kopi, yakni menanam kates ada yang langsung menghabiskan batang kopi untuk menanam kates, namun masih kebanyakan menanam kates dengan cara tumpang sari,” jelasnya. (Samson)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Kurban Berkah BAZNAS (KBB) Lampung Barat Distribusikan 510 Paket Daging Kurban

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Hari Raya Idul Adha tahun ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyelenggarakan Program Kurban Berkah BAZNAS...

Lomba Dai-Daiah Tingkat Nasional Siswi MAN 1 Lampung Barat Raih Jura I

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Satu lagi prestasi Nasional di raih oleh Pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Barat (Lambar) yaitu Siswi kelas X.4...

Kader NU Ranting Sukarame Balik Bukit Potong Qurban 51 Kambing dan Dua Sapi

 PusaranNews.id, Lampung Barat -¬†Saat ini tercatat di Sistem Informasi Kaderisasi Nahdlatul Ulama (Siskader NU) ada sebanyak 98 Kader NU yang telah ikuti Pendidikan Dasar...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan

Latest Posts