Harga Kopi Tidak Stabil, Banyak Petani Merambah Ketanaman Kates

PusaranNews.id, Lampung Barat – Harga kopi tidak stabil ditingkat petani, membuat para petani kopi Mengeluh, bahkan harga saat ini belum sebanding dengan biaya hidup sehari-hari.

Salah seorang Tengkulak (pengepul) Kopi Pekon Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat Rinto Mengatakan, jika harga kopi saat ini Tidak sesuai dengan biaya operasinal dan bahan pokok, Seperti Pajak, obat-obatan dan pupuk yang harganya selangit.

“Harga kopi saat ini tidak stabil, terkadang dalam satu pekan bisa dua tiga kali terjadi perubahan harga, yakni dari harga Rp20.000/kilo hingga Rp23.000/kilo, sementara bahan pokok setiap sudah dibaikkan tidak pernah turun lagi,” kata dia.

Lanjut dia, selain kopi saat ini sudah ada alternatif tanaman yang menjanjikan yakni Kates, hingga sebagian masyarakat sudah mulai beralih haluan, bahkan ada yang berspekulasi membabat tanaman kopi untuk ditanam kates.

“Sudah banyak saat ini yang beralih dari tanaman kopi, yakni menanam kates ada yang langsung menghabiskan batang kopi untuk menanam kates, namun masih kebanyakan menanam kates dengan cara tumpang sari,” jelasnya. (Samson)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Zulfa Kalya Putri Asli Lambar, Wakili Lampung di Ajang Pemilihan Putri Indonesia

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Zulfa Kalya Putri, merupakan putri daerah asli Kabupaten Lampung Barat. Putri kedua dari pasangan bapak Muzairi dan Ibu Rina Agustina...

Waduh!!! Baru Seumur Jagung Rabat Beton Di Padang Dalom Sudah Rusak

 PusaranNews.id, Lampung Barat -┬áDiduga Pembangunan Rabat Beton Bersumber Dari Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 di Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat,...

Sat Lantas Polres Lambar Juga Berikan Reward Sim Geratis Kepada Lima Siswa Dalam Kegiatan Police Go To Scholl

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Selain memberi pemahaman terkait tertib berlalulintas dalam kegiatan Police Go To School, Sat Lantas Polres Lampung Barat juga berikan kepada...

Get in Touch

0FansSuka
3,873PengikutMengikuti
21,200PelangganBerlangganan

Latest Posts