Gas Elpiji Langka, Bagian SDM Lampung Barat Bantah Tidak Ada Kelangkaan Bahkan Jatah Ditambah

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Keluhan warga terkait kelangkaan gas elpiji tiga kilo gram (3Kg) yang disubsidi pemerintah, di bantah Kabag Sumber Daya Manusia (SDA) pemkab Lampung Barat.

“Untuk pasokan sampai saat ini lancar dari pihak agen ketingkat pangkalan, jadi tidak ada kelangkaan, hanya saja masyarakat ingin mudahnya saja mau membeli di eceran atau warung, sedangkan itu tidak masuk kata gori pangkalan. Jika masyarakat ingin membeli silahkan ketingkat pengkalan karena di pangkalan ada dan tidak langka,” kata Kabag SDA Sri Wiyatmi, kepada PusaranNews.id, Rabu 2 Agustus 2023, di ruang kerjanya.

Lanjut dia, yang masuk kata gori tanggung jawab pertamina dan pengawasannya dari tingkat agen dan pengepul. Bahkan masyarakat diminta membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) karena akan diberlakukannya sistim digitalisasi.

“sesuai Kepmen ESDM No. 37.K/MC.01/MEM M/2023 dan Kep Dirjen Migas No 99 K/MC.05/DIM/2023, dalam pendistribusian isi ulang LPG 3 Kg secara tepat sasaran, di tahap I akan dilakukan proses pendataan “Rumah Tangga dan Usaha Mikro Pengguna LPG 3 Kg untuk memasak serta Nelayan dan Petani Penerima Bantuan gas elpiji subsidi,” kata dia.

Hal ini kata Sri, berlaku sejak 1 Mei 2023, sehingga adanya pembatasan pembelian bagi warung-warung yang ada. Jadi kelangkaan itu tidak ada, karena stok aman bahkan Minggu 30 Juli 2023, pihaknya meminta tambahan pasokan sebanyak 7.280 tabung.

“Di Lampung Barat sendiri ada empat agen dan 233 pengkalan yang tersebar di seluruh pekon dan kekurahan, arrinya tidak ada kelangkaan,” ungkapnya.

Ditanya terkait keadaan yang terjadi saat ini dilapangan, jika gas elpiji langka dan harga di atas HET, Sri meminta warga untuk mendatangi Pengkalan, bukan di warung karena warung tidak masuk dalam pengawasan baik jatah maupun HET.

“Untuk Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) di Lampung Barat sendiri tergantung zona, seperti halnya di Kecamatan Balikbukit, Belalau, Batubrak HET Rp20 ribu, Kecamatan Kebuntebu, Sumberjaya, Way Tenong Rp19.500, Suoh dan Bandar Negeri Suoh Rp23.000 dan Sukau, Lumbok Seminung Rp21.000.

“Jika ada pangkalan yang menjual diatas HET silahkan laporkan kepada kami dan itu bisa di tindak,” tegasnya. (Edi)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Zulfa Kalya Putri Asli Lambar, Wakili Lampung di Ajang Pemilihan Putri Indonesia

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Zulfa Kalya Putri, merupakan putri daerah asli Kabupaten Lampung Barat. Putri kedua dari pasangan bapak Muzairi dan Ibu Rina Agustina...

Waduh!!! Baru Seumur Jagung Rabat Beton Di Padang Dalom Sudah Rusak

  PusaranNews.id, Lampung Barat -┬áDiduga Pembangunan Rabat Beton Bersumber Dari Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 di Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat,...

Sat Lantas Polres Lambar Juga Berikan Reward Sim Geratis Kepada Lima Siswa Dalam Kegiatan Police Go To Scholl

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Selain memberi pemahaman terkait tertib berlalulintas dalam kegiatan Police Go To School, Sat Lantas Polres Lampung Barat juga berikan kepada...

Get in Touch

0FansSuka
3,872PengikutMengikuti
21,200PelangganBerlangganan

Latest Posts