E-KTP Dihapus Dari Masyarakat, Ini Gantinya

PusaranNews.id, Lampung Barat – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Barat, Terus melakukan ujicoba Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau Digital ID, saat ini penerpannya melalui Dinas-Dinas dilingkup Pemkab setempat, Senin 26 September 2022.

Digital ID sendiri artinya pengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP), fisik divantikan dengan digitalisasi, hal ini mempermudah masyarakat dalam menggunakan KTP, baik ke Bank ataupun dibandara, hanya menunjukakan Digutal ID lalu scan Code Barcode.

“Hingga saat ini penerapan Digital ID tidak ada kendala, saat ini kami masih fokus dengan para pejabat pemkab, seperti Kepala Dinas, tentu dengan harapan mereka bisa memberikan informasi kepada bawahannya untuk melakukan pendaftaran IKD itu sendiri. Bahkan Besok Selasa (27/9) rencananya, kami akan mendatangi Wakil Bupati Mad Hasnurin, untuk melakukan IKD yang dimaksud,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Lampung Barat Burwati, SH, mendampingi Kadisdukcapil Ruspan Anwar, S.H, M.H.

Lanjutnya, untuk pendaftaran IKD akan bertahap dan terstruktur, dimana saat ini masih ditingkat PNS, jika semua sudah selesai baru akan mengarah pada Mahasiswa, setelahnya masyarakat umum.

“Saat ini kami berjenjang, kami masih fokus pada para kadis, dan menunggu jadwal pak Bupati, dan ini akan kami tuntaskan dahulu baru akan beralih, jika tidak seperti itu pasti kami akan kualahan, karena saat ini permintaan IKD Lampung Barat, paling tinggi ditingkat Kabupaten Kota se-indonesia,” Terangnya.

Untuk memiliki Digital ID,pemilik harus memiliki Smartphone berbasis Android yang dapat mengunduh Aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Aplikasi Playstore,setelah menginstal atau mendownload Aplikasi IKD di Playstore kemudian pemilik mengisi NIK, alamat email, nomor handphone dan men-scan barcode di Disdukcapil.

“Yang utama harus punya Smartphone atau Android yang terhubung dengan internet sedangkan iOS belum support (mendukung),” Pungkasnya. (Reflin)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Zulfa Kalya Putri Asli Lambar, Wakili Lampung di Ajang Pemilihan Putri Indonesia

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Zulfa Kalya Putri, merupakan putri daerah asli Kabupaten Lampung Barat. Putri kedua dari pasangan bapak Muzairi dan Ibu Rina Agustina...

Waduh!!! Baru Seumur Jagung Rabat Beton Di Padang Dalom Sudah Rusak

 PusaranNews.id, Lampung Barat -┬áDiduga Pembangunan Rabat Beton Bersumber Dari Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 di Pekon Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat,...

Sat Lantas Polres Lambar Juga Berikan Reward Sim Geratis Kepada Lima Siswa Dalam Kegiatan Police Go To Scholl

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Selain memberi pemahaman terkait tertib berlalulintas dalam kegiatan Police Go To School, Sat Lantas Polres Lampung Barat juga berikan kepada...

Get in Touch

0FansSuka
3,873PengikutMengikuti
21,200PelangganBerlangganan

Latest Posts