Dua Mahasiswa Dari University Philippines Magang Di SMAN I Liwa Lambar

PusaranNews.id, Lampung Barat – Dua mahasiswi dari Capiz State Universitasy Filipina atas nama Ivy B Tabligan dan Anna Mae P Carlos, gelar kegiatan magang atau program dari Southeast Asian Minister of Education Organization (SEAMEO) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Liwa Lampung Barat. Selasa 16 Mei 2023.

Magang tersebut dilaksanakan selama satu bulan yakni dari tanggal 7 sampai 3 Mei 2023. Kegiatan itu merupakan kerjasama antara kementerian Pendidikan ASEAN, tentu diharapkan memberikan dampak positif bagi siswa-siswi, terutama peningkatan kemampuan Bahasa Inggris.

“Bahasa pengantar pembelajaran menggunakan bahasa Inggris, sehingga melatih anak-anak untuk mendengar dan menjawab dengan bahasa internasional, selain mengasah kemampuan juga melatih keberanian mereka,” kata Kepala SMA Negeri I Liwa M. Suharyadi.

Lanjut M Suharydi, kedatangan kedua guru magang dari negara tetangga tersebut, juga sebagai sarana pertukaran ilmu terhadap dewan guru, apalagi pendekatan pembelajaran yang dilakukan sangat menarik.

“Tentu sistem pembelajaran antara Filipina dengan Indonesia berbeda, maka yang baik dan bisa diterapkan dapat diadopsi, karena melihat apa yang mereka lakukan saat berinteraksi dengan siswa-siswi sangat menarik, dan anak-anak pun sangat antusias,” kata dia.

Selain magang di sekolah kata M Suharyadi, kedua guru magang tersebut juga belajar banyak tentang adat dan budaya masyarakat Lampung Barat, bahkan mereka senang ketika diajak berbaur dengan masyarakat yang sedang menjalankan proses “nayuh”, serta tentu mereka diharapakan akan menjual potensi wisata di negara mereka.

“Setelah menjalankan kegiatan disekolah, kami ajak melihat secara langsung bagaimana adat dan budaya masyarakat, terutama saat nayuh, serta melihat secara langsung destinasi wisata yang ada, dengan harapan ketika mereka pulang akan menjadi cerita yang indah negara mereka,” harapnya.

Sementara Kepala SD Negeri III Way Mengaku Balikbukit, Erwansyah, sangat berterimakasih kedua guru magang tersebut diberi kesempatan untuk mengajar di sekolah yang dia pimpin.

“Alhamdulillah, diajar dua guru asing dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar memberikan pengalaman baru bagi anak-anak kami, apalagi selama berinteraksi keduanya sangat energik, sehingga siswa sangat semangat dan ceria, dan harapannya akan menjadi contoh yang baik bagi dewan guru,” harapnya. (*)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Kurban Berkah BAZNAS (KBB) Lampung Barat Distribusikan 510 Paket Daging Kurban

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Hari Raya Idul Adha tahun ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyelenggarakan Program Kurban Berkah BAZNAS...

Lomba Dai-Daiah Tingkat Nasional Siswi MAN 1 Lampung Barat Raih Jura I

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Satu lagi prestasi Nasional di raih oleh Pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Barat (Lambar) yaitu Siswi kelas X.4...

Kader NU Ranting Sukarame Balik Bukit Potong Qurban 51 Kambing dan Dua Sapi

 PusaranNews.id, Lampung Barat -¬†Saat ini tercatat di Sistem Informasi Kaderisasi Nahdlatul Ulama (Siskader NU) ada sebanyak 98 Kader NU yang telah ikuti Pendidikan Dasar...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan

Latest Posts