BPS Kerjasama Dengan PWI Lampung Barat dan Pesbar Gelar Pelatihan Data Statistik

 

PusaranNews.id, Pesisir Barat – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Barat bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Barat dan Pesisir Barat, menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Sharing Knowledge Data Statistik tahun 2023, bertempat di Hotel Sunset Beach 2, Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Selasa 12 Desember 2023.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala BPS Lampung Barat Nasrullah Arsyad, menghadirkan nara sumber dari BPS dan PWI Lampung Barat, dengan peserta para pegawai BPS Lampung Barat dan anggota PWI Lampung Barat dan Pesisir Barat.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, Kepala BPS Lampung Barat Nasrullah Arsyad mengungkapkan, acara itu digelar salah satu tujuannya yakni memperkuat sinergitas antara BPS san insan pers dalam menyajikan data statistik kepada masyarakat.

Menurut Nasrullah, perlu terbangun kerjasama yang baik antara BPS dan Insan Pers. BPS dalam hal ini menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat yang didapatkan dari sensus atau survei yang dilakukan, selanjutnya insan pers menyampaikan kepada masyarakat dalam bentuk pemberitaan.

“Antara BPS dan Insan Pers ada garis singgung (keterkaitan), BPS berpedoman pada Undang‑undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, sementara wartawan dalam melaksanakan tugasnya berpedoman Undang-Undang nomor 40 tahun 1999, karena itu hari ini kita gelar acara ini, sehingga kedepan kerjasama kita dalam menyajikan data ke masyarakat lebih baik lagi,” ujarnya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut bisa meningkatkan pemahaman wartawan akan data-data ekonomi, sehingga tidak ada penyampaian data yang salah kepada masyarakat. Selain itu BPS bisa menyampaikan data yang dibutuhkan dalam kebutuhan jurnalistik.

“Dengan kegiatan ini BPS dan rekan-rekan wartawan bisa saling mengisi,” ungkapnya.

Untuk diektahui, penyampaian materi Sharing Knowledge Data Statistik 2023 disampaikan oleh pemateri dari pihak BPS, dilanjutkan dengan pelatihan jurnalistik yang terbagi dalam dua sesi dengan pemateri dari PWI Lampung Barat. (**)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

19 KPM Pekon Serungkuk Terima BLT DD, Peratin: Gunakan Bantuan Dengan Bijak

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Aparatur pemerintahan Pekon Serungkuk (Desa) Kecamatan Belalau, Lampung Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I, bulan Januari, februari,...

SMAN 1 Liwa, Gelar Pelepasan Siswa, Nukman : Kedepan Masuk Jajaran Sekolah Terbaik Nasional

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Penjabat Bupati Lampung Barat, Nukman, MS, MM, memberikan apresiasi kepada SMA Negeri I Liwa, yang termasuk salah satu sekolah unggulan di...

Pekon Campang Tiga Wakili EPP Batu ketulis Tahun 2024

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pekon Campang tiga Kecamatan Batu ketulis mewakili sepuluh Pekon yang ada di Kecamatan setempat untuk Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP),Senin 22...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts