BAZNAS Lampung Barat Galang Dana untuk Palestina Sesuai Fatwa MUI dan Himbauan Ketua Baznas RI

 

PusaranNews.id, Lampung Barat – Dalam upaya merespons dan mengimplementasikan panggilan kemanusiaan yang bersumber dari Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 Tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina dan Surat Himbauan Ketua BAZNAS RI Nomor B/3824/DPHN-DPHP/KETUA/KD.02.05/X/2023, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Barat meluncurkan aksi penggalangan dana untuk mendukung Palestina.

Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 menjadi dasar moral dan hukum bagi aksi tersebut. Dalam Fatwa tersebut ditegaskan bahwa dukungan terhadap perjuangan Palestina adalah sebuah kewajiban moral dan kemanusiaan bagi umat Islam. Hal itu yang membuat BAZNAS Lambar mengambil langkah proaktif untuk merespons panggilan kemanusiaan tersebut.

“Dengan mengacu pada Fatwa MUI No. 83 Tahun 2023, kami yakin bahwa aksi kemanusiaan ini bukan hanya bentuk kepedulian, tetapi juga pemenuhan kewajiban agama kami sebagai umat Islam dalam membela hak-hak sesama muslim, terutama saudara-saudara kita di Palestina,” ungkap Ketua BAZNAS Lambar, Abdul Rosid Senin 13 Nopember 2023 di Kantor Basnaz Lampung Barat di Jl RA Kartini Ps Liwa .

Tidak hanya didasarkan pada tuntutan agama, aksi itu juga mendapat dukungan langsung dari Surat Himbauan Ketua BAZNAS RI. Surat tersebut memberikan arahan dan pedoman bagi seluruh lembaga BAZNAS di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan bantuan solidaritas dunia Islam untuk Palestina.

“Dengan dukungan resmi dari Surat Himbauan Ketua BAZNAS RI, kami merasa semakin didorong untuk menjalankan program ini dengan penuh semangat dan profesionalisme. Ini bukan hanya aksi dari BAZNAS Lambar saja, tetapi bagian dari gerakan solidaritas yang lebih besar di seluruh Indonesia,” tambah Rosid.

Melalui program penggalangan dana tersebut, BAZNAS Lambar berharap dapat mengumpulkan dana yang cukup untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Palestina. Masyarakat Lambar dihimbau untuk turut serta dalam aksi tersebut dengan menyampaikan donasinya melalui rekening Bank Syariah Indonesia di Nomor 7049640182 atas nama BAZNAS Lampung Barat. Masyarakat juga dapat langsung datang ke Kantor BAZNAS Lambar yang beralamatkan di Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit, untuk menyampaikan donasinya.

Aksi tersebut kata Rosid, bukan sekadar kampanye penggalangan dana, tetapi juga bentuk konkret dari semangat kemanusiaan yang melibatkan seluruh umat. Dengan bantuan yang terkumpul, diharapkan dapat memberikan bantuan dan harapan kepada warga Palestina yang tengah menghadapi situasi sulit. (**)

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

19 KPM Pekon Serungkuk Terima BLT DD, Peratin: Gunakan Bantuan Dengan Bijak

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Aparatur pemerintahan Pekon Serungkuk (Desa) Kecamatan Belalau, Lampung Barat kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I, bulan Januari, februari,...

SMAN 1 Liwa, Gelar Pelepasan Siswa, Nukman : Kedepan Masuk Jajaran Sekolah Terbaik Nasional

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Penjabat Bupati Lampung Barat, Nukman, MS, MM, memberikan apresiasi kepada SMA Negeri I Liwa, yang termasuk salah satu sekolah unggulan di...

Pekon Campang Tiga Wakili EPP Batu ketulis Tahun 2024

 PusaranNews.id, Lampung Barat - Pekon Campang tiga Kecamatan Batu ketulis mewakili sepuluh Pekon yang ada di Kecamatan setempat untuk Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP),Senin 22...

Get in Touch

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan

Latest Posts